Implementasi metode super memory system dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI MA Bilingual Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syayidah, Khodijatus (2009) Implementasi metode super memory system dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI MA Bilingual Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khodijatus Syayidah_D01304056.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29126

Abstract

Belajar adalah proses penyampaian informasi atau pengetahuan dari guru kepada siswa. Guru menghabiskan sekitar 90 % dari total waktu mengajar untuk membuat siswa mengerti apa yang diajarkan. Siswa sendiri dituntut untuk dapat menguasai materi yang diajarkan guru dan menyimpannnya dalam otak mereka, cara siswa memproses suatu informasi baru yang diajarkan sudah tentu mempunyai pengaruh terhadap hasil pembelajaran dan berpengaruh pula terhadap kemampuan retensi (daya ingat). Daya .ingat yang kuat akan membantu siswa untuk memanggil kembali informasi yang disimpan. Kebanyakan dari siswa menyimpan informasi dengan cara menghapalkan materi, akan tetapi siswa sendiri diburu oleh waktu karena waktu belajar mereka disekolah dibatasi oleh jam pelajaran yang harus selalu berganti dari materi yang satu ke materi lain. Yang diperlukan siswa adalah cara menghapal yang dapat membuat ingatan mereka bertahan lebih lama. Salah satu cara adalah dengan mengoptimalkan kinerja otak kiri dan otak kanan. Akan tetapi dunia pendidikan saat ini lebih banyak mengembangkan salah satu bagian otak saja yakni otak kiri. Berangkat dari masalah ini, penulis melakukan penelitian dengan judul implementasi metode super memory system dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI MA bilingual Krian Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi metode super memory system pada mata pelajaran fiqih kelas XI .MA Biligual Krian Sidoarjo dan untuk mengetahui bagaimana daya ingat siswa pada mata pelajaran fiqih. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dari orang/perilaku yang dianalisis. Sedangkan bentuk. penelitiannya adalah deskriptif yang menggambarkan suatu obyek yang berkenan dengan masalah yang diteliti tanpa mempersoalkan hubungan antara variabel penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa implementasi metode super memory system masih belum optimal karena masih ada kelwrangan yang perlu di1engkapi yaitu keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk daya ingat siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI MA Bilingual Krian Sidoarjo sudah dapat dikategorikan baik dengan didasarkan pada lembar observasi. Adapun untuk saran-saran yang diberikan adalah hendaknya pada guru dalam proses pembelajaran menggunakan metode yang tepat dan kreatif agar siswa dapat termotivasi dalam belajar serta guru dapat meningkatkan kwalitas diri mereka agar dapat memaksimalkan tujuan pembelajaran. Kepada siswa diharapkan dapat terus meningkatkan dan mempertahankan daya ingat mereka pada mata pelajaran fiqih, dan kepada lembaga pendidikan hasil penelitian ini, bukanlah sebuah final dan permasalahan yang muncul sebelumnya melainkan ini adalah awal dari suatu proses mencari kebenaran, khususnya mengenai metode pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syayidah, KhodijatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Kecerdasan
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode super memory system; daya ingat siswa; mapel Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:34
Last Modified: 28 Jan 2019 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29126

Actions (login required)

View Item View Item