Sosialisasi kebijakan pembangunan pemerintah Kabupaten Bojonegoro kepada masyarakat: studi model komunikasi pembangunan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozaqi, Athok Moh Nur (2010) Sosialisasi kebijakan pembangunan pemerintah Kabupaten Bojonegoro kepada masyarakat: studi model komunikasi pembangunan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Athok Moh Nur Rozaqi_B06205030.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29138

Abstract

Tidak semua sosialisasi kebijakan atau program dari pemerintah dapat dipahami dan diterima masyarakat. Terlebih jika kebijakan tersebut bersifat baru (inovatif). Banyak cara dalam mensosialisasikan suatu kebijakan, salah satunya dapat melalui dialog. Langkah Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan menggelar dialog publik merupakan sebuah alternatif sebagai bentuk sosialisasi dalam menjelaskan kebijakannya kepada masyarakat. Skripsi ini mengkaji satu permasalahan yang urgen yaitu Bagaimana model komunikasi pembangunan dalam mensosialisasikan kebijakan pemerintah kabupaten Bojonegoro kepada masyarakat. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model komunikasi pemerintah kabupaten Bojonegoro dalam mensosialisasikan kebijakan kepada masyarakat. Untuk mengungkap permasalahan tersebut, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan demikian, peneliti dapat mendeskripsikan pennasalahan secara luas. Selanjutnya peneliti mengumpulkan seluruh data yang akan di klasifikasi dengan berbagai pola dan bentuk agar mudah dalatn membuat kesimpulan. Dari temuan-temuan data yang telah ditemukan adanya penyelenggaraan dialog publik. Dialog publik merupakan kegiatan yang mempertemukan antara pemerintah dengan masyarakat, selain sebagai sosialisasi kegiatan tersebut untuk menjelaskan program atau kebijakan pemerintah agar dipahami masyarakat dan tidak salah penafsiran. Kemudian media atau saluran yang digunakan adalah khususnya radio sebagai bentuk peran dari pada salah satu media massa itu sendiri, yang dianggap mampu mengakomodir pesan agar tersebarkan kepada khalayak luas. Selanjutnya setelah berhasil dilakukan penelitian ditemukan bahwa model komunikasi pembangunan dalam mensosialisasikan kebijakan kepada masyarakat adalah model komunikasi langsung diantaranya model komunikasi antar pribadi I dialogis (one step flow model), komunikasi kelompok (two step flow model), komunikasi tidak langsung dan komunikasi bermedia (multi step flow model).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozaqi, Athok Moh NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Masyarakat
Pembangunan
Keywords: Kebijakan pembangunan; pemerintah Kabupaten Bojonegoro; masyarakat; model komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2019 07:11
Last Modified: 30 Jan 2019 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29138

Actions (login required)

View Item View Item