Pengembangan media belajar PAI interaktif berbasis Macromedia Flash di Kelas XI SMK Kartika 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umardani, Burhanuddin Yusuf (2018) Pengembangan media belajar PAI interaktif berbasis Macromedia Flash di Kelas XI SMK Kartika 1 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Burhanuddin Yusuf U_F02316050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media pembelajaran PAI adalah salah satu alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar. Selain untuk mempermudah penyampaian materi, media pembelajaran PAI juga berfungsi untuk menambah durasi ingatan siswa terhadap materi-materi PAI. Media pembelajaran yang baik seharusnya memenuhi beberapa kriteria pemilihan media pembejaran yang baik, salah satunya menarik minat siswa dan bersifat interaktif. Akan tetapi, hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa media yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang menarik minat siswa dan hanya bersifat komunikasi satu arah. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu penelitian pengembangan media pembelaajran PAI yang tujuannya menemukan prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran, dan mewujudkannya dalam proses menciptakan media pembelajaran PAI yang lebih menarik minat siswa dan bersifat interaktif serta memenuhi kriteria pemilihan media pembelajaran yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan pengembangan (Research and development). Lokasi penelitian di SMK Kartika 1 Surabaya, subyeknya adalah guru dan siswa kelas XI di SMK Kartika 1 Surabaya. teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar validasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan prosentase dan analisis item pernyataan. Analisis data akan dijadikan bahan pertimbangan dalam merevisi prduk agar lebih memenuhi kriteria pemilihan media pembelajaran yang baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa kriteria pemilihan media pembelajaran yang baik, prinsip pengembangan media pemebalajaran dan produk media pembelajaran PAI yang sudah melalui uji validasi dan uji coba lapangan kepada guru dan siswa sehingga memenuhi kriteria media pembelajaran yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umardani, Burhanuddin Yusufburhanuddin.yusuf.umardani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komputer
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; media belajar PAI; interaktif
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umardani Burhanuddin Yusuf
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29146

Actions (login required)

View Item View Item