Analisis Sadd Adh-Dhari'ah dan PERMEN-KP No. 2 Tahun 2015 terhadap penggunaan jaring cantrang di Desa Sidokumpul Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafa'atin, Titin (2018) Analisis Sadd Adh-Dhari'ah dan PERMEN-KP No. 2 Tahun 2015 terhadap penggunaan jaring cantrang di Desa Sidokumpul Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Titin Syafa'atin_C72214106.pdf

Download (3MB)

Abstract

Untuk menjawab bagaimana analisis Sadd Adh-Dhari’ah dan PERMEN-KP No. 2 tahun 2015 terhadap penggunaan jaring cantrang di Desa Sidokumpul Paciran Lamongan. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) di Desa Sidokumpul Paciran Lamongan dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Selanjutnya data yang berhasil dikumpulkan dianalisis dengan pola pikir deduktif yaitu, teori-teori yang berkaitan dengan Sadd adh-Dhari’ah untuk selanjutnya ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik penggunaan jaring cantrang di Desa Sidokumpul Paciran Lamongan merupakan praktik yang tidak sesuai dengan undang-undang dan hukum islam. Dalam sadd adh-Dhari’ah praktik penangkapan ikan dilaut ini memang diperbolehkan, namun dalam hasil penelitian yang diperoleh adalah nelayan Sidokumpul masih menggunakan jaring cantrang yang menangkap ikan non target. Meskipun dalam penangkapan ikan tidak mengenai terumbu karang, akan tetapi penggunaan jaring cantrang ini tidak ramah lingkungan. Sehingga itu dapat merusak biota dan ekosistem laut. Maka untuk mencegah semakin rusaknya biota dan ekosistem laut Menteri Kelautan dan Perikanan mengeluarkan peraturan larangan penggunaan cantrang yang tertuang dalam PERMEN-KP No 2 tahun 2015. Sejalan dengan hasil penelitian di atas, Penulis dapat memberikan saran kepada nelayan agar tidak menggunakan jaring cantrang untuk menangkap ikan di laut dan mengganti jaring cantrang dengan alat tangkap yang ramah lingkungan. Selanjutnya saran kepada pemerintah untuk hendaknya menyediakan alat tangkap yang ramah lingkungan. Dan mengadakan sosialisasi kepada nelayan akan dampak yang disebabkan oleh jaring cantrang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafa'atin, Titintitinsyafa17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Ikan > Menangkap Ikan
Keywords: Sadd Adh-Dhari'ah; PERMEN-KP No. 2 Tahun 2015; jaring cantrang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Syafa'atin Titin
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:29
Last Modified: 30 Jan 2019 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29149

Actions (login required)

View Item View Item