Makna komunikasi Nonverbal pasangan kekasih: pada mahasiswa Universitas Islam Mojopahit Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mumtazah, Nailul (2011) Makna komunikasi Nonverbal pasangan kekasih: pada mahasiswa Universitas Islam Mojopahit Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailul Mumtazah_B36207009.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29159

Abstract

Skripsi ini akan mengkaji tentang bagaimana makna komunikasi nonverbal pasangan kekasih pada mahasiswa universitas islam mojopahit mojokerto. Penelitian ini diperdalam tentang bentuk komunikasi nonverbal pasangan kekasih untuk kemudian mengetahui makna komunikasi nonverbal seperti apa yang dilakukan oleh pasangan kekasih tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui keberlangsungan bebtuk-bentuk komunikasi nonferbal dan makna komunikasi nonverbal pasangan kekasih pada mahasiswa universitas islam mojopahit mojokerto yang mernpunyai kriteria sesuai dengan subyek penelitian yakni pasangan kekasih yang memi1iki daya tarik untuk berkomunikasi nonverbal. Metode yang digunakan adalah studi lapangan, sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi baik resmi maupun sederhana yang dibuat oleh subyek penelitian. Untuk memperkaya analisis dan interpretasi data, penelitian ini didukung dengan kajian-kajian tentang komunikasi, pasanagan kekasih dan makna komunikasi nonverbal yang meliputi bentuk-bentuk, tujuan, serta teori pendukung tentang rnakna komunikasi nonverbal. Dari analisis yang dilakukan, disimpulkan bahwa bentuk-bentuk Komunikasi Nonverbal yang dilakukan pasangan kekasih dalam menyampaikan pesan pada pasanganya, sebagai mempertegas apa yang telah disampaikan dalam suatu pesan. Oleh sebab itu terdapat sebuah makna yang meliputi di mana suatu pesan yang disampaikan bentuk bentuk nonverbal berupa kontak mata, ekspresi wajah serta gestural sehingga terdapat tujuan yang meliputi : Mmembuka ruang lingkup komunikasi pribadi, menyatakan emosi, menopang teks dan penjelasan, mengatur dalam berkomunikasi pada pasangan kekasih, sehingga peneliti merekomendasikan bagi pasangan kekasih memahami makna komunikasi nonverbal untuk mengatasi berbagai permasalahn dalam hal komunikasinonverbal agar tidak salah dalam mengambil kesirnpulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mumtazah, Nailul--UNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Remaja
Keywords: Komunikasi Nonverbal; Pasangan Kekasih; remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Jan 2019 02:29
Last Modified: 31 Jan 2019 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29159

Actions (login required)

View Item View Item