Sejarah Kesultanan Kadriah Pontianak 1778-2017 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sirrullah, Sirrullah Bin Syaiful (2019) Sejarah Kesultanan Kadriah Pontianak 1778-2017 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sirrullah Bin Syaiful Syuriansyah_A42213113.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Kelsultanan Kadriah Pontianak Tahun 1778 M hingga 2017 M”. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini meliputi (1) Bagaimanakah profil Kerajaan Kadriah Pontianak Kalimantan Barat (2) Bagaimanakah sejarah berdirinya Kerajaan Kadriah Pontianak dan tokoh-tokoh pendiri kerajaan ini dari tahun 1778 M sehingga 2017 M di kalimantan barat (3)Apakah peninggalan sejarah kesultanan pontianak dan kelestarian budaya yang masih dilaksanakan? Penulis menggunakan pendekatan sejarah untuk mendeskripsikan peristiwa terjadi di masa lampau. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah terdiri dari heuristik, verifikasi, interprestasi, dan historiografi. Teori yang digunakan adalah teori perubahan sosial. Karl Marx berpendapat bahwa perubahan sosial menurut Marx adalah perubahan-perubahan yang terjadi karena perkembangan teknologi atau kekuatan produktif dan hubungan antara kelas-kelas sosial yang berubah. Perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga masyarakat di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk didalamnya nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok masyarakat. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) profil kerajaan kadriah Pontianak Kalimantan Barat dalam kerajaan ini, dan bangsa Melayu dijadikan bangsa yang utama dalam pembentukan kerajaan ini. Disamping itu, bentuk muka bumi dan faktor geografis yang sterategis juga memberi pengaruh yang besar dalam perkembangan Kerajaan Melayu Pontianak (2)Tokoh-tokoh yang memberi pengaruh kepada perkembangan kerajaan Pontianak dalam memberi dampak positif mahupun negatif kepada pemerintahan setelahnya seperti Sultan Sarif Abdurrahman, Sultan Syarif Kasim, Sultan Syarif Usman, Sultan Syarif Hamid I, Sultan Syarif Yusuf, Sultan Syarif Muhammad, Sultan Syarif Hamid II dan Sultan Abu Bakar.(3) Peninggalan sejarah Kerajaan Pontianak dan budaya yang masih dilestarikan oleh masyarakat Melayu Pontianak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sirrullah, Sirrullah Bin Syaifulsirrull1994@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Islam
Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Keywords: Sejarah budaya; kesultanan; Kadriah Pontianak
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Sirrullah Sirrullah Bin Syaiful Syuriansyah
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:52
Last Modified: 07 Feb 2019 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29237

Actions (login required)

View Item View Item