Pengembangan bahan ajar al-Qur’an berbasis penumbuhan rasa percaya diri untuk syarih al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfizd dan Tilawatil Qur’an Thoyyib Fattah Sukodono Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikriyah, Durrotul (2018) Pengembangan bahan ajar al-Qur’an berbasis penumbuhan rasa percaya diri untuk syarih al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfizd dan Tilawatil Qur’an Thoyyib Fattah Sukodono Ampel Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durrotul Fikriyah_F52316051.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini merupakan pengembangan dari modul Model Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ) Ideal. Modul tersebut hanya dasar dari Syarhil Qur’an. Berdasarkan kebutuhan seorang syarih, bahwa mereka masih mengalami masalah percaya diri yang kurang, maka pengembangan yang dilakukan adalah dalam menumbuhkan percaya diri seorang syarih. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE: A= Analysis (menganalisis), D = Design (merancang), D = Development (mengembangkan), I = Implementation (mengimplemetasikan), E = Evaluation (mengevaluasi). Dengan uji validasi tiga ahli, yaitu ahli bahan ajar, ahli materi syarhil qur’an, dan ahli psikologi. Kemudian instrument yang digunakan adalah angket dengan model pretest-posttes. Pada uji coba menggunakan instrument angket dengan model pretest-postte tersebut dinyatakan meningkat. Dengan begitu maka produk dengan judul Bahan Ajar Al-Qur’an Berbasis Penumbuhan Rasa Percaya Diri Untuk Syarih Al-Qur’an yang dihasilkan pada penelitian ini dinyatakan dapat digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikriyah, Durrotuldurrotul.fikriyah2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepribadian
Psikologi
Al Qur'an
Keywords: Percaya diri; Syarih
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fikriyah Durrotul
Date Deposited: 08 Feb 2019 08:42
Last Modified: 08 Feb 2019 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29260

Actions (login required)

View Item View Item