Habitus cinta musik dangdut koplo pada kelompok Saudara New Pallapa Desa Menganti Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismail, Muchammad Rifki (2019) Habitus cinta musik dangdut koplo pada kelompok Saudara New Pallapa Desa Menganti Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Rifki Ismail_I73215040.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kepopuleran musik dangdut koplo di masyarakat merupakan fenomena yang unik dan menarik untuk dikaji dalam persepektif sosial budaya. Perkembangan musik dangdut yang sangat pesat dan mengundang daya tarik terhadap masyarakat dari semua kalangan. Pada penelitian ini dipaparkan bahwa Musik dangdut sudah tidak hanya dimaknai sebagai hiburan namun musik dangdut sudah melekat pada diri dan kepribadian masyarakat desa Menganti kabupaten Gresik. Untuk mendapatkan data yang akurat digunakan sebuah metode wawancara, observasi dan dokumentasi di lapangan. Dalam melihat Fenomena perilaku kecintaan masyarakat Menganti terhadap musik dangdut difokuskan pada komunitas pecinta dangdut Saudara New Pallapa (SNP) wilayah Menganti. Keberadaan komunitas tersebut yang anggotanya dipenuhi dengan masyarakat Menganti sendiri yang rata-rata berusia remaja sampai pemuda, pada kalangan tersebutlah musik dangdut menjadi idaman mereka dalam hiburan, kesenian, dan membawa pada pola perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku masyarakat Menganti sendiri yang secara umu juga mencerminkan kecintaannya terhadap musik dangdut yang sudah ada sejak lama dan membawa pengaruh terhadap pembentukan pola pikir, budaya, kebiasaan dan juga fenomena baru pada masyarakatnya yang masih menginjak usia remaja. Selain itu perilaku masyarakat Menganti secara umum juga saling bersaing dalam menunjukkan kecintaannya terhadap musik dangdut mulai dari menyelenggarakan musik dangdut, meniru gaya dari penyanyi-penyanyi dangdut, kebiasaan menonton dan mendengarkan musik dangdut koplo dan ikut menyaksikan dan mendukung idola-idola dangdut di acara konser dangdut yang ada pada acara televisi. Pada kalangan remaja ola pikirnya terhadap musik dangdut membawa mereka ikut bergabung dan membentuk komunitas pecinta dangdut koplo serta mengarahkan pada pola perilaku mereka dalam keseharian, mulai dari kebiasaan mendengarkan musik dangdut koplo, menyukai lagu-lagu dangdut koplo, fanatik terhadap group-group musik dangdut koplo dan penyanyi-penyanyi dangdut koplo, serta selalu berusaha menunjukkan identitas kecintaan terhadap musik dangdut koplo seperi kaos, stiker, foto penyanyi dan selalu update info-info terbaru dari penyanyi dangdut atau lagu dangdut koplo. Keberadaan group tersebut sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekitar dan gaya hidup mereka

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismail, Muchammad Rifkirozaldblues@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepribadian
Sosiologi
Budaya
Keywords: Musik dangdut; teori habitus; komunitas Saudara New Pallapa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Ismail Muchammad Rifki
Date Deposited: 08 Feb 2019 07:12
Last Modified: 08 Feb 2019 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29273

Actions (login required)

View Item View Item