الكلام الخبري وبلاغته في سورة الإسراء: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Lailatul Fajar (2019) الكلام الخبري وبلاغته في سورة الإسراء: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Fajar Maghfiroh_A91215108.pdf

Download (4MB)

Abstract

KALAM KHABARI DAN BALAGHAHNYA DALAM SURAT AL-ISRA’

Al-Qur’an adalah firman Allah yang disampaikan oleh malaikat jibril sesuai redaksi-Nya kepada Nabi Muhammad dan diterima oleh umat islam. Mempelajari isi al-Quran akan menambah perbendaharaan baru, memperluas pandangan dan pengetahuan, serta selalu menemui hal-hal yang baru. Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab, oleh karena itu untuk mengetahui dan memahami gaya bahasa dan keindahan kalimatnya dibutuhkan ilmu-ilmu bahasa khususnya ilmu Balaghah. Salah satu cakupan ilmu balaghah adalah kalam khabari, sebagai ilmu yang mempelajari tentang kalimat yang bisa berarti benar atau dusta yang disesuaikan dengan keaadan lawan bicaranya. Adapun permasalahan yang diteliti adalah: 1) Apa saja bentuk kalam khabari dalam surat Al-Isra?. 2) Apa saja tujuan kalam khabari dalam surat Al-Isra? Objek yang dikaji dalam penelitian ini hanya satu surat dalam al-Quran yaitu surat Al-Isra’ yang mengandung keimanan, hukum-hukum dan kisah-kisah. seperti tentang kisah Isra’ Nabi Muhammad di malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, beberapa kisah tentang Bani Israil, larangan-larangan Allah tentang berzina, mempergunakan harta anak yatim, perintah memenuhi janji dll. Adapun data yang digunakan berupa kata atau kalimat yang mengandung kalimat berita di dalamnya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang berarti prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata dan kalimat yang terdapat pada surat Al-Isra’. Adapun teori yang digunakan peneliti berupa kajian ilmu balaghah, ilmu ma’ani dan kalam khabari. Dalam surat Al-Isra’ terdapat 164 kalam khabari dan 164 tujuan dengan perincian sebagai berikut: Kalam khabari ibtida’i sebanyak 112 kalimat, kalam khabari thalabi sebanyak 41 kalimat dan kalam khabari inkari sebanyak 11 kalimat. Faidatul khabar sebanyak 149 kalimat dan lazimul faidah sebanyak 15 kalimat. Dengan demikian telah jelas bahwa di dalam surat Al-Isra’ terdapat gaya bahasa berupa kalimat berita (kalam khabari).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Lailatul FajarLailatulmaghfiroh56@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Linguistik
Keywords: Surat Al-Isra’; bentuk-bentuk kalam khabari; dan balaghah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Maghfiroh Lailatul Fajar
Date Deposited: 07 Feb 2019 08:13
Last Modified: 07 Feb 2019 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29284

Actions (login required)

View Item View Item