الكلام الخبري وأغراضه في سورة يوسف

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusnahini, Asmaul (2019) الكلام الخبري وأغراضه في سورة يوسف. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
skripsi asmaul khusnahini_A91215098.pdf

Download (3MB)

Abstract

" الكلام الخبري وأغراضه في سورة يوسف "
KALAM KHABARI DAN BALAGHANYA DALAM SURAT YUSUF

Al-Qur’an adalah kalam atau firman Allah baik secara lafal maupun makna, yang diturunkan melalui malaikat Jibril a.s dan disampaikan kepada Nabi Muhammad saw sebagai mukjizat dan merupakan ibadah bagi pembacanya. Al-Qur’an memuat berbagai kalimat berita indah yang patut diketahui oleh seluruh umat muslim. Salah satunya yaitu keindahan kalimat berita yang terdapat dalam surat yusuf. Allah berfirman: "نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ اَحْسَنَ الْقَصَصِ" yang artinya “kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik” (Yusuf:3).
Adapun pembagian kalimat berita (kalam kbabar) dalam ilmu balaghah ada tiga macam, yaitu: kalam khabari ibtida’i, kalam khabari thalabi, kalam khabari inkari. Dan tujuan kalam khabari ada dua, yaitu: faidatul khabar (memberi tahu orang yang diajak bicara mengenai hukum yang terkandung di dalamnya) dan lazimul faidah (memberi tahu bahwa si pembicara mengetahui hukum yang terkandung di dalamnya).
Ketertarikan peneliti dalam melakukan penelitian tidak serta merta karena keindahan kisahnya saja melainkan juga banyaknya kalimat berita (kalam kbabar) yang terkandung dalam surat Yusuf. Sehingga berdasarkan penjelasan tersebut penelitian difokuskan pada “Kalam Khabari dan Tujuannya dalam Surat Yusuf”.
Berdasarkan latar belakang tersebut, munculah sebuah rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian, yaitu: 1) apa saja macam-macam kalam kbabari dalam surat Yusuf? 2) apa saja tujuan kalam kbabari dalam surat Yusuf?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui macam-macam dan balaghah kalam khabari dalam surat Yusuf.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, sebagai mana data yang diperoleh merupakan ayat-ayat Al-Qur’an yang mengandung kalam khabari dan sumber datanya adalah surat Yusuf. Sehingga penelitian dapat disebut sebagai penelitian dokumentasi, adapun pendekatan yang digunakan yaitu pembatasan data, mengklasifikasi data dan pemaparan serta analisis data dan diskusi.
Hasil penelitian yang dapat disimpulkan, bahwa dalam surat Yusuf terdapat banyak kalimat berita (kalam khabar) yaitu: 126 kalimat yang meliputi: 81 kalam khabari ibtida’i, 33 kalam khabari thalabi, dan 12 kalam khabari inkari. sedangkan tujuan kalam kbabari yang terdapat dalam surat Yusuf meliputi: 113 faidatul khabar dan 13 lazimul faidah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusnahini, AsmaulAsmaul.kh1997@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Sastra
Keywords: Kalam Khabari; Surat Yusuf
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Khusnahini Asmaul
Date Deposited: 07 Feb 2019 08:04
Last Modified: 07 Feb 2019 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29288

Actions (login required)

View Item View Item