Hubungan Kualitas Layanan Administrasi Kesiswaan dengan Kepuasan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Nia Tur (2019) Hubungan Kualitas Layanan Administrasi Kesiswaan dengan Kepuasan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nia Tur Rohmah_D93214063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas layanan administrasi kesiswaan dan tingkat kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo, hubungan antara kualitas layanan administrasi kesiswaan dengan kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo, serta faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang bersifat kausatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan kuesioner/angket. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 270 responden. Teknik analisa data menggunakan tabel deskriptif statistik guna mencari nilai rata-rata (Mean) yang digunakan untuk mengukur tingkat kualitas layanan dan kepuasan, Korelasi Product Moment digunakan untuk mencari tinggi-rendahnya hubungan antara kualitas layanan administrasi kesiswaan dengan kepuasan peserta didik. Sedangkan uji Koefiisen Regresi dan Univariate Analysis Of Variance digunakan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan. Dari pengujian data diketahui tingkat kualitas layanan administrasi kesiswaan tergolong tinggi karena mempunyai nilai rata-rata (Mean) sebesar 3,77, berada pada niliai 4,00. Tingkat kepuasan peserta didik tergolong tinggi juga karena memiliki nilai rata-rata (Mean) sebesar 3,93 berada pada niliai 4,00. Hasil hitung Korelasi Product Moment di dapatkan bahwa r = 0,65 dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara kualitas layanan administarsi kesiswaan dengan kepuasan peserta didik. Berdasarkan r xy dengan nilai 0,652 yang terletak antara 0,40 – 0,70 yang mana interpretasi hubungan antara variabel X dan Y tergolong sedang. Sedangkan Faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo adalah keamanan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, efisiensi memiliki nilai signifikansi sebesar 0,01 < 0,05 dan ketepatan waktu memiliki nilai signifikansi sebesar 0,01 < 0,05. Artinya indikator keamanan, efisiensi, dan ketepatan waktu mempunyai pengaruh terhadapa kepuasan karena ketiga indikator tersebut memiliki nilai signifikansi < 0,05. Sedangkan faktor lain berdasarkan pengelompokan jumlah responden yang berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik adalah tingkat kelas karena memiliki nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Nia Turniaturrohmah1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Kualitas Layanan; Administrasi Kesiswaan; dan Kepuasan Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rohmah Nia Tur
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:29
Last Modified: 18 Feb 2019 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29296

Actions (login required)

View Item View Item