أسلوب التصوير عن شخصية موسى في القرآن الكريم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Rahmat (2019) أسلوب التصوير عن شخصية موسى في القرآن الكريم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmat Hidaytaulloh A91215126.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alquran merupakan mukjizat terbesar yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW, dengan perantara malaikat jibril, didalamnya berisi petunjuk bagi manusia. Salah satu dari kemukjizatan alquran yaitu memiliki keindahan dan gaya bahasa serta uslub yang tinggi, sehingga tak seorangpun yang dapat menirukan apalagi membuat yang sepadan dengannya.Tashwir adalah salah satu uslub yang dipakai didalam alquran untuk mengungkapkan makna yang ada didalam pikiran, sehingga bisa dirasa dan dibayangkan, melukiskan pola-pola manusia serta karakter seseorang.Musa adalah seorang nabi sekaligus rasul Allah yang hidup dimasa fir’aun, salah satu nabi yang bergelar ulul azmi, karena kesabarannya yang tinggi menghadapi kaum nya yaitu Bani Israel. Kisah nabi musa disebutkan lebih dari 50 kali ditempat yang berbeda didalam Alquran, dan namanya disebutkan sebanyak 136 kali. Jumlah yang paling banyak dibandingkan nabi yang lain.Penelitian dilakukan dengan objek Alquran sebagai sumber data. Data yang digunakan adalah ayat ayat alquran yang mengkisahkan nabi musa dan didalamnya terdapat uslub tashwir nya. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam penelitian ini. Adapun Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter nabi musa serta gaya bahasa yang digunakan untuk melukiskan karakter nabi musa.Adapun hasil analisis dalam penelitian ini yaitu: 1. karakter nabi musa adalah seorang yang emosional dan memiliki fanatisme terhadap agama dan kaumnya. 2. seorang yang lembut hatinya, dan memiliki kesadaran iman yang kuat. 3. Seorang yang kuat dan berani 4.seorang yang sabar. 5. Gaya bahasa pelukisan yang dipakai untuk menggambarkan karakter nabi musa adalah kinayah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Rahmat1997hidayatullah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Sastra
Keywords: Gaya Bahasa Pelukisan, Karakter Nabi Musa, Alquran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hidayatullah Rahmat
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:46
Last Modified: 12 Feb 2019 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29310

Actions (login required)

View Item View Item