Pengaruh metode token economy terhadap kedisiplinan siswa di Raudhatul Athfal Islamiyah Karangdowo Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyida, Fatia (2019) Pengaruh metode token economy terhadap kedisiplinan siswa di Raudhatul Athfal Islamiyah Karangdowo Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatia Rosyida_D78214019_Skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemberian perlakuan token economy, kepada kelas yang diberikan perlakuan dan tidak diberikan perlakuan, dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh token economy terhadap perilaku kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan quasi-experimental menggunakan dua subyek penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pemberian perlakuan pada kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan hasil yang berbeda, yaitu pada kelas kontrol persentase posttest sebesar 55,86% dengan pretest sebesar 54,69%, sedangkan pada kelas eksperimen persentase posttest sebesar 66,41% dengan pretest sebesar 57%. Hasil uji-t kelompok kontrol menunjukkan nilai probabilitas 0,000 menunjukkan bahwa adanya perubahan perilaku antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan token economy, sedangkan hasil uji-t kelompok kontrol menunjukkan nilai probabilitas 0,509 menunjukkan bahwa tidak adanya perubahan perilaku karena tidak diberikan perlakuan token economy.Hasil dari uji regresi menunjukkan angka korelasi sebesar 0,950 yang berarti pemberian perlakuan token economy sangat berpengaruh terhadap perilaku kedisiplinan siswa. Hasil penerapan pemberian perlakuan token economy memberikan pengaruh terhadap perilaku kedisiplinan siswa.

Kata Kunci: Token Economy, Kedisiplinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyida, Fatiarosyidafatia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Rosyida Fatia
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:23
Last Modified: 14 Feb 2019 06:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29315

Actions (login required)

View Item View Item