Analisis PSAK 109 terhadap pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan dana nonhalal periode Januari-Desember 2017(studi kasus pada LAZ Dompet Amanah Umat Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choir, Uswatul (2019) Analisis PSAK 109 terhadap pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan dana nonhalal periode Januari-Desember 2017(studi kasus pada LAZ Dompet Amanah Umat Sidoarjo). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatul Choir_G02214007.pdf

Download (5MB)

Abstract

Analisis PSAK 109 Terhadap Pengakuan, Pengukuran, Penyajian, Dan Pengakuan Dana Nonhalal Periode Januari-Desember 2017 (Studi Kasus Pada LAZ Dompet Amanah Umat Sidoarjo)” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan dana nonhalal LAZ Dompet Amanah Umat Sidoarjo dan analisis PSAK 109 terhadap implementasi pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan dana nonhalal di LAZ Dompet Amanah Umat Sidoarjo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara dengan bagian keuangan dan sekretaris LAZ Dompet Amanah Umat Sidoarjo dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari hasil wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis setelah itu disimpulkan dan diinterprestasikan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LAZ Dompet Amanah Umat Sidoarjo belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK 109, khususnya untuk perlakuan dana nonhalal. Pengakuan, pengukuran, dan penyajian dana nonhalal yang dilakukan oleh LAZ telah sesuai dengan PSAK 109. Amil telah mengakui penambahan dana yang diperoleh dari bunga bank konvensional sebagai dana nonhahal sesuai jumlah yang diterima. Amil pun telah menyajikan dana nonhalal telah terpisah dari dana zakat, infaq, dan sedekah. Akan tetapi, untuk penjurnalan dan pengungkapan di LAZ Dompet Amanah Umat belum sesuai dengan PSAK 109. Amil belum memunculkan keberadaan dana nonhalal pada saat pengungkapannya. Keberadaan dana nonhalal diungkapkan sebagai pendapatan lain-lain. Pada akun pendapatan lain-lain terdapat dua sumber pendapatan yaitu bunga bank konvensional dan hasil dari penjualan barang bekas yang diberi oleh muzakki.kesimpulan dari penelitian ini adalah LAZ Dompet Amanah Umat telah mengakui, mengukur dan menyajikan dana nonhalal sesuai dengan PSAK 109. Akan tetapi, belum mengungkapkan keberadaan dana nonhalal dan penjurnalan yang dilakukan kurang tepat. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti untuk LAZ Dompet Amanah Umat yaitu selain mengakui dan menyajikan laporan keuangan, amil pun harus mengungkapkan semua transaksi yang ada pada lembaga. Seperti dana nonhalal, keberadaanya harus diungkapkan seperti apa yang telah ada pada PSAK109 agar pengungkapan menjadi lebih informatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choir, Uswatuluswa2lchoir@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Keywords: PSAK 109, Pengakuan, Pengukuran, Penyajian, Pengungkapan, Dana Nonhalal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Choir Uswatul
Date Deposited: 08 Feb 2019 07:44
Last Modified: 08 Feb 2019 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29333

Actions (login required)

View Item View Item