Nilai-nilai konseling Islam dalam novel Menunggu Beduk Berbunyi karya Hamka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Fairuz Zakiyah (2019) Nilai-nilai konseling Islam dalam novel Menunggu Beduk Berbunyi karya Hamka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fairuz Zakiyah Ahmad_B73214061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam fokus penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai konseling Islam pada novel yang berjudul Menunggu Beduk Berbunyi karya Hamka? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode studi pustaka yaitu menelaah literatur yang berkaitan dengan pembahasan skripsi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis konten. Novel Menunggu Beduk Berbunyi merupakan salah satu karya sastra Hamka yang sarat mengandung nilai-nilai kehidupan, termasuk nilai konseling Islam. Buya Hamka sendiri dikenal sebagai tokoh intelektual yang menguasai berbagai bidang ilmu, di antaranya tasawuf, pendidikan, sastra, budaya, tafsir, fikih, jurnalistik, politik, dan lain sebagainya. Keahliannya ini lah yang melatarbelakangi peneliti ingin mengkaji pemikirannya yang ditinjau dari bidang konseling. Dari hasil penelitian dalam novel Menunggu Beduk Berbunyi, peneliti menemukan nilai-nilai konseling Islam yang terkandung dalam novel tersebut kemudian mengkategorikannya berdasarkan konsep-konsep konseling Islam yang telah dirumuskan, yang berasal dari unsur-unsur, tujuan, fungsi, asas-asas, serta metode dan teknik konseling. Kemudian dari konsep-konsep tersebut, peneliti mengelompokkan nilai-nilai konseling Islam menjadi menjadi tiga kelompok, yakni nilai konseling Islam yang berhubungan dengan Allah, nilai konseling Islam yang berhubungan dengan diri sendiri, dan nilai konseling Islam yang berhubungan dengan orang sekitar. Nilai konseling Islam yang berhubungan dengan Allah adalah melakukan tugas sebagai khalifah dengan baik. Nilai konseling Islam yang berhubungan dengan diri sendiri meliputi mengembangkan potensi atau fitrah beragama. mampu mengubah persepsi atau minat, mampu mengontrol emosi serta meredamnya dengan melakukan introspeksi diri, senantiasa bersyukur atas semua keadaan serta kekayaan yang dimiliki, mampu menumbuhkembangkan potensi iman, dan menghasilkan kecerdasan spiritual pada diri individu. Sedangkan nilai konseling Islam yang berhubungan dengan orang sekitar meliputi empati, positive regards, dan memberikan arahan serta petunjuk bagi orang yang tersesat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Fairuz Zakiyahfairuzzakiyah50@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Bimbingan Konseling
Sastra
Keywords: Konseling Islam; Novel Menunggu Beduk Berbunyi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ahmad Fairuz Zakiyah
Date Deposited: 08 Feb 2019 07:59
Last Modified: 08 Feb 2019 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29355

Actions (login required)

View Item View Item