Konseling Islam dengan Teknik Kontrak Perilaku dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Seorang Siswa di Madrasah Aliyah Bilingual Al-Amanah Junwangi Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Rodhotul (2019) Konseling Islam dengan Teknik Kontrak Perilaku dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Seorang Siswa di Madrasah Aliyah Bilingual Al-Amanah Junwangi Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rodhotul Maulidiyah_B03215034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan Konseling Islam dengan teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan sikap disiplin seorang siswa di Madarasah Aliyah Bilingual Al-Amanah Junwangi Krian Sidoarjo? (2) bagaimana hasil akhir pelaksanaan Konseling Islam dengan teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan sikap disiplin seorang siswa di Madrasah Aliyah Bilingual Al-Amanah Junwangi Krian Sidoarjo? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelititan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisa menggunakan deskriptif komparatif. Teknik pemgumpula data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisa proses teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan sikap disiplin seorang siswa yang digunakan adalah berupa hasil observasi dan wawancara yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan sikap disiplin siswa melalui beberapa tahapann, yakni: 1. Membuat dapur pribadi dengan konseli; 2. Rasional kontrak perilaku; 3. Membuat kesepakatan bersama antara konselor dan konseli terhadap aturan-aturan terkait kontra perilaku; 4. Memilih tingkah laku yang diubah dengan menggunakan analisis ABC; 5. Menentukan data awal ( baseline data ) dan kriteria tingkah laku yang akan diubah dan dicapai dalam kontrak; 6. Menentukan jenis penguatan yang akan diterapkan beserta jadwal pemberian penguatannya; 7. Memberikan reinforcment setiap kali tingkah laku yang diinginkan ditampilkan sesuai jadwal kontrak; 8. Memberikan penguatan pada setiap saat tingkah laku yang diinginkan menetap. Dalam penelitian ini, proses terapi dilakukan dengan menggunakan teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan sikap disiplin seorang siswa. Dan hasil akhir dari proses konseling ini tergolong berhasil karena dapat memenuhi empat indikator keberhasilan. Hasil ini dapat dilihat melalui perubahan pada diri konseli kearah yang lebih baik serta mampu bersikap lebih disiplin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Rodhotulroudhotulmaulidiyah11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Islam; Teknik Kontrak perilaku; Behavior Contract; Sikap Disiplin
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Maulidiyah Rodhotul
Date Deposited: 08 Feb 2019 09:03
Last Modified: 08 Feb 2019 09:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29356

Actions (login required)

View Item View Item