الصراع الاجتماعي في رواية "اخرج منها يا ملعون" لصدام حسين:دراسة الأدب الاجتماعي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nindayani, Nadia (2019) الصراع الاجتماعي في رواية "اخرج منها يا ملعون" لصدام حسين:دراسة الأدب الاجتماعي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Nindayani_A01215030.pdf

Download (2MB)

Abstract

“Ukhruj Minha Ya Mal’un” adalah judul terakhir dari empat karya novel Saddam Hussein, mantan presiden Irak. Novel ini menceritakan konflik historis yang mendalam antara Arab dan Romawi yang berlatar masyarakat Arab pada sekitar tahun 1500 SM yang terdiri dari beberapa suku yang saling berperang satu sama lain dan berpindah-pindah mengikuti musim. Saddam mengisahkan kehidupan sebuah suku yang berada di bawah pengaruh dan kekuasaan asing. Perlawanan pun muncul dan pertempuran tak bisa dihindarkan hingga akhirnya suku tersebut berhasil bebas untuk menentukan nasibnya sendiri. Peneliti tertarik untuk menganalisis konflik sosial dalam novel “Ukhruj Minha Ya Mal’un”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk konflik sosial yang terjadi dalam novel “Ukhruj Minha Ya Mal’un”? 2) Apa faktor-faktor penyebab terjadinya konflik sosial dalam novel “Ukhruj Minha Ya Mal’un”?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Sosiologi Sastra. Adapun hasil analisis konflik sosial ini yaitu peneliti menemukan 24 data dengan 10 bentuk konflik sosial dengan rincian 1 data bentuk pemerkosaan, 1 data bentuk perkelahian, 2 data bentuk perdebatan, 1 data bentuk permusuhan, 5 data bentuk penyerangan, 3 data bentuk pertengkaran, 5 data bentuk peperangan, 4 data bentuk Percecokan, 1 data bentuk perselingkuhan dan 1 data bentuk pembunuhan. Sedangkan faktor penyebab konflik sosial, peneliti menemukan 4 faktornya yaitu 10 data faktor perbedaan antar individu, 9 data faktor benturan antar-kepentingan politik dan sosial, 4 data faktor perubahan sosial dan 1 data faktor perbedaan kebudayaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nindayani, Nadianindayani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi > Sosiologi Agama
Keywords: Konflik Sosial; Ukhruj Minha Ya Mal’un; Sosiologi Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nindayani Nadia
Date Deposited: 12 Feb 2019 01:52
Last Modified: 12 Feb 2019 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29384

Actions (login required)

View Item View Item