Retorika dakwah Fadila Yahya melalui story telling

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetiyo, Arif Dharma (2019) Retorika dakwah Fadila Yahya melalui story telling. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arif Dharma Prasetiyo_B91215049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada retorika dakwah Fadila Yahya melalui story telling. Untuk membahas fokus masalah tersebut, ada beberapa permasalahan yang akan dijawab yaitu: 1) Bagaimana Gaya Bahasa Fadila Yahya melalui story telling? 2) Bagaimana Gaya Suara Fadila Yahya melalui story telling? 3) Bagaimana Gaya Gerak Tubuh Fadila Yahya melalui story telling? Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan (field research) dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian yaitu: 1) Gaya bahasa Fadila Yahya menggunakan empat macam diantaranya. Pertama, gaya bahasa berdasarkan pilihan kata yaitu gaya bahasa resmi, tidak resmi dan percakapan. Kedua, gaya bahasa berdasarkan nada yaitu gaya bahasa sederhana dan menengah. Ketiga, gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yaitu Paralelisme dan Repetisi Tautotes. Keempat, gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna yang digunakan Fadila Yahya yaitu Perifrasis, Prolepsis atau Antisipasi, Erotesis atau Pertanyaan Retoris, Antonomasia dan Hipalase. 2) Gaya suara, Fadila Yahya sangat memperhatikan pitch, loudness, rate dan rhythm, pause atau jeda. 3) Gaya gerak tubuh yang digunakan Fadila Yahya begitu banyak yaitu sikap badan tegak, gerakan tangan memegang kepala, dan badannya dijatuhkan. Lalu memainkan ekspresi dan memainkan mata ke semua arah. Penelitian ini memfokuskan pada retorika dakwah Fadila Yahya melalui story telling, maka pada penelitian selanjutnya dapat meneliti tentang pesan, respon audiens serta efektivitas story telling menggunakan bahasa Inggris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetiyo, Arif Dharmaadharmaaa25@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Lisan
Retorika
Dongeng
Keywords: Retorika; Dakwah; Story Telling.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Prasetiyo Arif Dharma
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:09
Last Modified: 11 Feb 2019 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29412

Actions (login required)

View Item View Item