Kehidupan sosial ekonomi Pedagang Kaki Lima(PKL) pasca revitalisasi alun-alun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusdianti, Evi (2019) Kehidupan sosial ekonomi Pedagang Kaki Lima(PKL) pasca revitalisasi alun-alun Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evi Rusdianti_I73215062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua rumusan masalah yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu bagaimana Respon PKL terhadap adanya revitalisasikawasan alun-alun Gresik menjadi Islamic Center dan bagaimana kehidupan sosial ekonomi PKL pasca revitalisasi alun-alun Gresik.Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai kehidupan sosial ekonomi PKL pasca revitalisasi alun-alun Gresik. data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif dan dianlisis dengan teori fungsionalisme struktural Talcott Parson.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Respon PKL terhadap revitalisasi alun-alun Gresik menjadi Islamic center sebenarnya bagi PKL bervariatif ada yang tidak setuju dan ada yang setuju asalkan dengan syarat adanya revitalisasi alun-alun justru akan meningkatkan perekonomian PKL bukan malah mematikan perekonomian mereka. (2) Kehidupan sosial PKL pasca revitalisasi alun-alun Gresik yaitu terjadinya disasosiasi antara PKL dengan Pemerintah Kota Gresik, akan tetapi hubungan antar sesama PKL tetap terjalin harmonis. Kehidupan PKL mengalami perubahan yang negatif dari segi kenyamanan dan keamanan di tempat tempat relokasi, munculnya pengangguran, terganggunya kondisi hubungan keluarga PKL, dan terganggunya pendidikan anak beberapa PKL. Adapun kehidupan Ekonomi yang dirasakan oleh PKL pasca revitalisasi alun-alun Gresik yaitu, munculnya lapangan kerja baru atau alih profesi, dan pendapatan PKL menurun drastis. Semua kegiatan ekonomi di tempat relokasi menjadi macet dan sepi. Berbeda dengan sebelum adanya revitalisasi alun-alun Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusdianti, Evievirusdianti123@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Keywords: Kehidupan Sosial Ekonomi; PKL; Revitalisasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rusdianti Evi
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:22
Last Modified: 11 Feb 2019 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29434

Actions (login required)

View Item View Item