This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ma'arif, Ma'arif (2015) IMPLEMENTASI AKAD AL-SALAM PADA USAHA BRANDING MOBIL DI WANA ADVERTINDO STICKER SOLUTION SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (13MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field research) tentang “Implementasi Akad Al-Salam Pada Usaha Branding Mobil di Wana Advertindo Sticker Solution Surabaya ”. Penelitian brtujuan untuk menjawab persoalan tentang. “Bagaimana pelaksanaan akad al-salam pada usaha branding mobil di Wana Advertindo Sticker Solution Surabaya dan Bagaimana analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan akad al-salam di usaha branding mobil di Wana Advertindo Sticker Solution Surabaya”.
Untuk menjawab permasalahan diatas, maka metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif yaitu pola pikir yang berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian diteliti dan akhirnya dikemukakan pemecahan persoalan yang bersifat umum. Pola pikir ini berpijak pada teori al-salam dalam hukum islam, kemudian dikaitkan dengan fakta-fakta di lapangan yang memiliki keterkaitan dengan pesanan akad al-salam pada usaha branding mobil di Wana Advertindo Sticker Solution Surabaya.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pesanan akad al-salam pada usaha branding mobil di Wana Advertindo Sticker Solution Surabaya yang cacat dari segi rukun dan syaratnya, yaitu rukun dan syarat al-salam dengan perusahaan memesana dengan akad atau perjanjian, semua itu harus jadi 2-3 hari dan dibayar lebih dahulu, karena harga sticker yang mahal dan prosesnya yang banyak itu yang menjadikan semua pembanyaran dibebankan pada pembeli atau perusahaan. Pada saat itu pembeli juga meminta dan tidak mau tahu semua itu harus jadi sesuai pesanan yaiti 2-3 hari, dalam posisi mendesak dan terburu-buru. Pada kenyataannya sticker sudah jadi dan sudah terpasang di mobil pembeli atau pemesan minta ganti ada yang ditambah dan ada yang dikurangi. Tetapi dengan perjanjian atau akad yang sudah disepakati didepan semua resiko atau kerugian yang menanggung adalah penjual. Sehingga pembeli hanya tahu bahwa branding mobilnya selesai tepat waktu dengan yang mereka inginnya tanpa mengetahui proses dan resiko atau kerugian yang dialami oleh penjual. Jadi, dapat disimpulkan bahwa akad al-salam pada Usaha Branding mobil di Wana Advertindo Sticker Solution Surabaya adalah tidak sah karena tidak terpenuhi semua rukunya.
Bagi penjual yakni Wana Advertindo Sticker Solution Surabaya, hendakanya lebih memperhatinkan nilai-nilai dan aturan dalam hukum Islam khususnya dalam akad pesanan al-salam meningat bagaimana persaingan bisnis penjual sticker yang semakin ketat. Dan untuk itu semua harus menggunakan aturan yang berlaku dan tidak memberatkan orang dalam usaha dan berbisnis.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Moch. Zainul Arifin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Ekonomi Islam Hukum > Hukum Perdata Islam |
||||||
Keywords: | Salam; Akad; Branding Mobil; Wana Advertindo; | ||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Mr. Hanafi | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2016 08:56 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2016 08:56 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2944 |
Actions (login required)
View Item |