القيم الدينية في قصة ``أبي الدرداء`` في كتاب ``رجال حول الرسول`` لخالد محمد خالد

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chamid, Putri Nur Mazidha (2019) القيم الدينية في قصة ``أبي الدرداء`` في كتاب ``رجال حول الرسول`` لخالد محمد خالد. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Nur Mazidha Chamid_A91215125.pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Khalid Muhammad Khalid merupakan salah satu sasrawan Arab memiliki banyak karya sastra. Salah satunya adalah Rijal Haula Rasul yang berisi kisah 60sahabat Rasul dalam perjuangannya dalam menegakkan Islam. Salah satu tokoh dalam novel tersebut adalah Abu Darda’.Khalid Muhammad Khalid lahir pada Selasa 27 Ramadhan 1339 H. Di desa Udwah Syarqiyah Mesir. Beliau adalah putra Muhammad Khalid Tsabit. Beliau menghabiskan masa kecilnya dengan belajar, membaca , menulis dan menghafal Al-Quran. Beliau meninggal pada tanggal 9 Syawal 1416 H.Abu Darda’ adalah salah seorang sahabat Rasul yang ada dalam buku Rijal Haula Rasul. Beliau dikisahkan sebagai tokoh yang memiliki sifat zuhud yang sangat kuat. Diceritakan bahwa beliau lebih memilih beribadah dari pada berdagang. Beliau juga tidak merasa senang walau dalam sehari bisa mendapatkan 300 dinar dari tokonya yang berada tepat didepan pintu masjid. Karena kezuhudannya juga beliau diangkat menjadi mentri. Ada banyak unsur keagamaan yang terkandung dalam kisah Abu Darda’setelah beliau memeluk agama Islam. Oleh karena itu dalam buku Rijal Haula Rasul, peneliti fokus pada penelitian nilai-nilai keagamaan yang dalam kisah Abu Darda’ dengan kajian sosiologi sastra yang digambarkan oleh Kholid Muhammad Kholid. Dengan tujuan mendeskripsikan nilai-nilai agama yang terdapat pada kisah Abu Darda’ yang dibagi menjadi 3 macam yaitu aqidah, akhlak dan ibadah. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk menggali sumber informasi dan data yang berupa teks-teks sastra sehinga data yang tampil bukan konsep statistic .Dari penelitian terhadap kisah Abu Darda’ menemukan 49 nilai-nilai keagamaan yang terdiri dari 6 gambaran berupa aqidah, kemudian 37 gambaran berupa akhlak, dan 6 gambaran berupa ibadah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chamid, Putri Nur Mazidhaputrinurmazidahchamid12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sastra
Keywords: Nilai-nilai Agama ; Abu Darda`
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Chamid Putri Nur Mazidha
Date Deposited: 12 Feb 2019 03:08
Last Modified: 12 Feb 2019 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29488

Actions (login required)

View Item View Item