المحسنات اللفظية في الجزء السابع والعشرين من القرآن الكريم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholifah, Siti Nur (2019) المحسنات اللفظية في الجزء السابع والعشرين من القرآن الكريم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Kholifah_A71215089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu dari bahasa dunia yang digunakan dalam al-Qur’an. Salah satu aspek pembahasan penting dalam kesusastraan al-Qur’an adalah kajian balaghah. Balaghah adalah mengungkapkan makna yang estetik dengan jelas mempergunakan ungkapan yang benar. Sedangkan Ilmu Balaghah mencakup tiga aspek yaitu ma’ani, bayan dan badi’. Penelitian ini memfokuskan aspek Ilmu Badi’ yang terkait dengan muhasinat lafdziyah yang terdapat dalam beberapa pembahasan diantaranya jinas dan saja’. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya : 1) Bagaimana bentuk-bentuk jinas yang terdapat dalam al-Qur’an juz 27?. 2) Bagaimana bentuk-bentuk saja’ yang terdapat dalam al-Qur’an juz 27?. Tujuan penelitian ini adalah menemukan kalimat yang mengandung jinas dan saja’ dalam al-Qur’an juz 27, dan menganalisis macam-macam jinas serta saja’ dalam al-Qur’an juz 27. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dan analisisnya peneliti menggunakan teknik pustaka. Sumber utama dari penelitian ini adalah al-Qur’an juz 27. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat ditemukan 59 jinas dan 169 saja’ dalam al-Qur’an juz 27. Macam-macam jinas yang terdapat dalam al-Qur’an juz 27 yaitu jinas al-lahiq, jinas al-muharrof, jinas al-naqis, dan jinas al-qolb. Sedangkan macam-macam saja’ yang terdapat terdapat dalam al-Qur’an juz 27 yaitu saja’ al-muthorrof, saja’ al-mutawazi dan saja’ al-murosso’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholifah, Siti Nursayyidah.kholifah96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: al-Qur’an juz 27; al-muhasinat al-lafdziyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Kholifah Siti Nur
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:38
Last Modified: 12 Feb 2019 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29490

Actions (login required)

View Item View Item