تحويل الشفرة في المحادثة اليومية لطالبات مرحلة الصفية بمعهد منبع الصالحين جرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Umi Choirun (2019) تحويل الشفرة في المحادثة اليومية لطالبات مرحلة الصفية بمعهد منبع الصالحين جرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Choirun Nisak_A91215141.pdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Santriwati marhalah shofiyah mambaus sholihin bercakap menggunakan dua bahasa dalam kesehariannya, yaitu bahasa arab dan bahasa inggris. Tapi untuk santriwati kelas satu yang belum mahir dalam kedua bahasa tersebut, mereka diberi dispensasi untuk menggunakan bahasa Indonesia untuk beberapa bulan saja. Fenomena dari mutilingualisme memunculkan perubahan bahasa yang dinamakan alih kode, baik dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab, bahasa arab ke bahasa Inggris, bahasa Inggris ke bahasa Arab dan bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Permasalahan dari penelitian ini adalah : (1) Apa saja macam-macam alih kode dalam percakapan keseharian santriwati marhalah shofiyah Mambaus Sholihin, (2) Apa sebab dilakukannya alih kode dalam percakapan keseharian santriwati marhalah shofiyah Mambaus Sholihin.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain analisis-deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data model miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Macam-macam alih kode dalam percakapan santriwati marhalah shofiyah Mambaus Sholihin dapat ditinjau dari 3 segi. Pertama, jika dilihat dari segi bahasa yang digunakan, maka termasuk external code switching, yang dibagi menjadi 2 macam, yaitu alih kode antara dua bahasa terdapat 8 percakapan dan alih kode antara tiga bahasa terdapat 2 percakapan. Kedua, jika dilihat dari segi qawaid, maka terdapat tag code switching 1 percakapan, inter-sentential code switching 10 percakapan. Ketiga, jika dilihat dari segi penafsiran sebab terjadinya alih kode, maka terdapat situational code switching 8 percakapan dan methaporical code switching 3 percakapan. (2) Sebab terjadinya alih kode dalam percakapan santriwati marhalah shofiyah Mambaus Sholihin terdapat 5 macam, yaitu alih kode yang disebabkan pembicara dan penutur terdapat 2 percakapan, alih kode yang disebabkan pendengar atau lawan tutur terdapat 1 percakapan, alih kode yang disebabkan perubahan keadaan dengan datangnya pihak ketiga terdapat 2 percakapan, alih kode yang disebabkan perubahan situasi terdapat 6 percakapan serta alih kode yang disebabkan perubahan topik pembicaraan terdapat 5 percakapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Umi ChoirunUmichoirunnisakshohih@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Linguistik
Keywords: Alih Kode; Santriwati Marhalah ;Shofiyah Mambaus Sholihin
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nisak Umi Choirun
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:09
Last Modified: 12 Feb 2019 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29499

Actions (login required)

View Item View Item