السين وسوف واستخدامهما في القرآن الكريم: دراسة تحليلية نحوية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roihan, Roihan (2019) السين وسوف واستخدامهما في القرآن الكريم: دراسة تحليلية نحوية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roihan_A91215130.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam tatanan bahasa Arab, kata (kalimat dalam bahasa Arab) merupakan komponen terkecil dalam satuan bahasa. Sebagaimana terdapat dibahasa lain pula, bahwasannya dalam tatanan bahasa Arab kata (kalimat) itu terbagi menjadi tiga: 1. Kata kerja (kalimat fi`il), 2. Kata benda (kalimat isim), 3. Kalimat huruf. Pada kesempatan kali ini, penulis hanya akan membahas sedikit dari ketiga bagian tersebut yaitu tentang kalimat huruf yang berfokus pada huruf sin atau yang biasanya disebut dengan huruf tanfis (yang mempunyai arti “akan” dalam jangka waktu yang pendek) dan saufa yang disebut dengan huruf taswif (yang mempunyai arti akan dalam waktu yang lebih panjang). Kedua huruf tersebut merupakan kalimat huruf yang masuk khusus pada fi`il mudlori` beserta bagaima penggunaan kedua huruf tersebut dalam ayat-ayat suci al-Quran (al-Nisa - al-Taubah). Masalah yang dikemukakan dalam rumusan masalah ini, meliputi dua hal: 1. Bagaimana penggunaan huruf sin dalam al-Quran. 2. Bagaimana penggunaan huruf saufa dalam al-Quran. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Kualitatif ialah metode yang lebih menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam terhadap suatu masalah dan hasilnya bukan berupa angka-angka, sedangkan deskriptif ialah mendeskripsikan hasil-hasil penelitian secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Kemudian langkah-langkah penulis dalam mengumpulkan data ialah dengan menggunakan teknik research library (tinjauan pustaka), yaitu penulis membaca berulang-ulang hingga menemukan data-data yang berkaitan dengan huruf sin dan saufa, setelah itu penulis melakukan analisis pada data-data tersebut dan menghasilkan hasil penelitian yang dikehendaki sesuai dengan rumusan masalah. Dan hasil serta kesimpulan yang bisa diambil dalam penelitian penulis tentang huruf sin dan saufa beserta penggunaannya dalam al-Quran (al-Nisa` - al-Taubah) sebagaimana berikut: bahwasannya huruf sin itu penggunaannya ada empat: 1. Lil wa`di (janji), 2. Lil wa`id (ancaman), 3. Lil istimrar (berkelanjutan), 4. lil mustaqbal (masa depan yang bukan janji/ancaman). Adapun untuk huruf saufa hanya terdapat 2 dalam penggunaannya, yaitu: 1. Lil wa`di (janji), 2. Lil wa`id (ancaman).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roihan, Roihanreyhanalarcon22@gmail.comA91215130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarda, Abu--2018125501
Subjects: Sastra
Linguistik
Keywords: Sin dan Saufa; penggunaan dalam al Quran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Roihan Roihan
Date Deposited: 11 Feb 2019 06:38
Last Modified: 24 Feb 2020 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29512

Actions (login required)

View Item View Item