Teknik pemilihan pesan dakwah antara K.H Syukron Djazilan di Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya dan K.H Saiful Jazil di Masjid Subulus Salam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alvino, Ach Tofan (2019) Teknik pemilihan pesan dakwah antara K.H Syukron Djazilan di Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya dan K.H Saiful Jazil di Masjid Subulus Salam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ach Tofan Alvino_B01215002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk menjawab permasalahan yang diteliti yaitu tentang bagaimana teknik dalam menyampaikan pesan dakwah yang disampaikan oleh KH.Syukron Djazilan di Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya dan K.H Saiful Jazil di Masjid Subulus Salam Wage Asri Sidoarjo, maka peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan penelitian komparatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan mereduksi data yaitu memilah beberapa data yang akan bisa menjawab pertanyaan penelitian. Selajutnya mendeskripsikan secara lengkap data-data tersebut dan mengklasifikasikan data yang bisa menjawab persoalan. Dalam penelitian ini peneliti melakukan observasi langsung dan ikut terlibat dalam pengajian, sehingga peneliti menemukan teknik penyampaian pesan dakwah (komunikasi koersif) yang digunakan oleh K.H Syukron Djazilan dan teknik penyampaian pesan dakwah (komunikasi persuasif) yang digunakan oleh K.H Saiful Jazil, agar mad’u bisa merubah sikap atau prilaku atas pesan dakwah yang beliau berdua sampaikan. Rekomendasi untuk peneliti yang akan datang adalah peneliti selanjutnya, bisa melakukan penelitian yang saya lakukan, atau mungkin melakukan pendekatan post struktural dengan Tri-angle Meaning seperti analisis semiotik, framing dan wacana. Dapat pula melakukan penelitian secara kuantitatif misalnya melakukan pengaruh teknik koersif terhadap kedisiplinan, atau pengaruh teknik persuasif dalam kesadaran menjalankan pesan dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alvino, Ach Tofantofanalvino26@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Teknik Persuasif dan Koersif Mad’u
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alvino Ach Tofan
Date Deposited: 11 Feb 2019 03:11
Last Modified: 11 Feb 2019 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29513

Actions (login required)

View Item View Item