صعوبات نطق الحروف في مهارة القراءة لدى طلبة معهد تربية القرآن المهاجرين غرسيك : التحليل التقابلي بين اللغة العربية واللغة الإندونيسية في مستوى الفونيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Sri Indah Ayu (2019) صعوبات نطق الحروف في مهارة القراءة لدى طلبة معهد تربية القرآن المهاجرين غرسيك : التحليل التقابلي بين اللغة العربية واللغة الإندونيسية في مستوى الفونيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Indah Ayu Damayanti_A01215046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesulitan pengucapan bunyi huruf bahasa Arab karena kontak dua bahasa. Setiap bahasa memiliki fonem yang berbeda antara satu sama yang lainnya, begitupula antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Perbedaan fonem ini sering kali menimbulkan kesalahan dalam pembelajaran bahasa. Pada dasarnya para penutur asli suatu bahasa tidak mengenal bunyi-bunyi yang beraneka ragam dan relatif banyak, melainkan bunyi-bunyi yang jumlahnya terbatas dan dikenal karena membedakan arti. Penelitian ini difokuskan pada gangguan fonologis pada santri TPQ Al-Muhajirin Golokan Sidayu Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan metode kontrastif. Pengumpulan data dilakukan dengan merekam 14 santri yang berumur 8-9 tahun dengan cara membaca fonem bahasa Arab dan Indonesia. Berdasarkan rekaman ditemukan kesulitan bunyi pada huruf konsonan Arab yaitu masih terpengaruh oleh bahasa ibu, adanya kesamaan bentuk dalam huruf arab seperti ح [ħ] dan خ [x] , adanya kemiripan dalam bunyi arab seperti س [s] dan ش [ʃ] , mengganti huruf yang lebih mudah untuk diucapkan seperti bunyi ث [(] menjadi س [s] .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Sri Indah Ayusriindahayudamayanti@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Kesulitan Pengucapan; Fonem; Perbandingan Bahasa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Damayanti Sri Indah Ayu
Date Deposited: 11 Feb 2019 06:18
Last Modified: 11 Feb 2019 06:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29516

Actions (login required)

View Item View Item