Pola komunikasi Urban Care Community pada masyarakat marginal Surabaya (Studi kasus di Stren Kali Jagir, Wonokromo, Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chandra, Dian Maulana (2019) Pola komunikasi Urban Care Community pada masyarakat marginal Surabaya (Studi kasus di Stren Kali Jagir, Wonokromo, Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Maulana Chandra_B76215078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Marginalisasi masih kerap kali terjadi pada beberapa masyarakat di Kota Surabaya, salah satunya adalah masyarakat perkampungan Stren Kali Jagir Surabaya. Oleh karena itu tergeraklah Urban Care Community untuk membina masyarakat marginal Stren Kali Jagir Surabaya dengan tujuan agar menjadi masyarakat yang lebih baik melalui pendidikan yang layak. Dalam membina masyarakat marginal, tentu saja Urban Care Community membutuhkan proses komunikasi untuk mengajak masyarakat marginal Stren Kali Jagir, Surabaya untuk mengikuti kegiatan yang diadakan Urban Care Community sehingga tujuan mereka dapat terwujud.Fokus kajian dalam penelitian ada 2, yakni : (1) Bagaimana proses Urban Care Community pada masyarakat marginal Stren Kali Jagir Surabaya, serta (2) Bagaimana pola komunikasi Urban Care Community pada masyarakat marginal Stren Kali Jagir Surabaya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui serta mendiskripsikan proses dan pola komunikasi yang terjadi antara Urban Care Community dengan masyarakat marginal Stren Kali Jagir Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi yang berguna untuk mengetahui fakta yang sebenarnya mengenai proses dan pola komunikasi yang dipergunakan oleh Urban Care Community pada masyarakat marginal Stren Kali Jagir Surabaya dalam kegiatan yang diadakannya. Peneliti menganalisa hasil data dengan menggunakan Teori Pertukaran Sosial guna memperkuat argumen yang dihasilkan oleh peneliti.Hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses komunikasi yang dilakukan Urban Care Community (UCC) dengan masyarakat marginal Stren Kali Jagir Surabaya menggunakan proses komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok, dan juga komunikasi lewat media sosial agar lebih efesien. Sedangkan pola komunikasi UCC dengan masyarakat marginal Stren Kali Jagir Surabaya menggunakan pola komunikai sekunder .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chandra, Dian Maulanamcdian68@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Masyarakat
Masalah sosial
Pemberdayaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Chandra Dian Maulana
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:14
Last Modified: 12 Feb 2019 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29546

Actions (login required)

View Item View Item