Komunikasi kelompok Nidhom Wadlo’ifus Syubban dalam membangun gotong royong di desa Ngrame kecamatan Pungging kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Lukmanul (2019) Komunikasi kelompok Nidhom Wadlo’ifus Syubban dalam membangun gotong royong di desa Ngrame kecamatan Pungging kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lukmanul Hakim_B76215049.pdf

Download (4MB)

Abstract

Persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana komunikasi kelompok pemuda Nidhom Wadlo’ifus Syubban dalam membangun gotong royong di Desa Ngrame Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan data mengenai komunikasi kelompok pemuda Nidhom Wadlo’ifus Syubban dalam membangun gotong royong di Desa Ngrame Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan berlandaskan Teori Pemikiran Kelompok (Groupthink). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi secara langsung. Data dilakukan pemeriksaan keabsahannya, lalu dilakukan penyajian sekaligus analisis data untuk kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kerja bakti dan kebersamaan merupakan bentuk membangun gotong royong terhadap Desa Ngrame Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto yang dilakukan oleh kelompok pemuda Nidhom Wadlo’ifus Syubban. Dengan kerja bakti dan kebersamaan ini guna menunjukkan kepada warga Desa Ngrame bahwa kelompok pemuda melakukan hal – hal yang membangun dan bersifat positif. Bertitik tolak dari penelitian ini, rekomendasi yang diperkirakan dapat menjadi bahan pertimbangan adalah (1) agar tetap mempertahankan solidaritas dalam membangun gotong royong di desa. (2) agar tetap mempertahankan komunikasi yang sudah terjalin antar anggota kelompok dan warga desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, LukmanulLukamnulh128@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Komunikasi Kelompok; Kelompok Pemuda; Gotong Royong
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hakim Lukmanul
Date Deposited: 11 Feb 2019 03:18
Last Modified: 11 Feb 2019 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29570

Actions (login required)

View Item View Item