Pngaruh metode bercerita dengan Boneka Tangan terhadap perkembangan bahasa anak usia 5 tahun di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Meduran Manyar Greesik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Ma'rifatul (2019) Pngaruh metode bercerita dengan Boneka Tangan terhadap perkembangan bahasa anak usia 5 tahun di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Meduran Manyar Greesik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ma'rifatul Firdaus_D08214003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan adalah perkembangan bahasa anak. Bahasa merupakan salah satu media yang digunakan banyak orang untuk bisa saling berinteraksi dengan sesama dan juga bentuk komunikasi yang paling efektif. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak yaitu metode bercerita. Metode bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak TK dengan membawakan cerita yang berisi nilai-nilai perjuangan, keagamaan, moral, sosial, dan lain-lain baik secara lisan maupun non lisan. Agar kegiatan bercerita dapat menarik fokus anak untuk mendengarkan, maka media boneka tangan dapat digunakan untuk dapat menarik minat anak untuk bisa antusias, senang, dan perhatian dalam mendengarkan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan metode bercerita dengan boneka tangan dan menjelaskan pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan bahasa pada kelompok B di TK Dharma Wanita Meduran Manyar Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan rancangan pretest-posttest test design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi pada kelompok B di TK Dharma Wanita Meduran Manyar Gresik yang berjumlah 28 anak. Melalui uji statistik Nonparametik dengan menggunakan rumus wilcoxon sign test, maka dari hasil penelitian dapat diperoleh hasil Z yang di hasilkan adalah -4,683 dengan p-value (probabilitas) sebesar 0,000 karena nilai p-value (probabilitas) yang di hasilkan kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak di TK Dharma Wanita Persatuan Meduran Manyar Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Ma'rifatulVirdavir78982@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Media
Keywords: Perkembangan bahasa; metode bercerita; boneka tangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Firdaus Ma'rifatul
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:13
Last Modified: 14 Feb 2019 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29580

Actions (login required)

View Item View Item