Pengaruh implementasi operant conditioning terhadap kedisiplinan menaati tata tertib anak kelompok B di RA Nurul Alim Semampir, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimatuzzaroh, Siti (2019) Pengaruh implementasi operant conditioning terhadap kedisiplinan menaati tata tertib anak kelompok B di RA Nurul Alim Semampir, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Fatimatuzzaroh.._D08214008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di Kelompok B RA Nurul Alim Semampir, Surabaya diperlukan sebuah perlakuan dalam hal kedisiplinan siswa agar proses kegiatan pembiasaan anak menaati peraturan dapat berjalan dengan baik. Melihat dari permasalahan tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan “Adakah Pengaruh Implementasi Operant Conditioning Terhadap Kedisiplinan Menaati Tata Tertib Anak Kelompok B RA Nurul Alim, Semampir, Surabaya?”Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Operant Conditioning Terhadap Kedisiplinan Menaati Tata Tertib Anak Kelompok B Di RA Nurul Alim Semampir, Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain peneltian one-grup pretest-postest. Subjek yang digunakan adalah Kelompok B dengan jumlah 20 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan uji (wicoxon match pairs test).Berdasarkan hasil penelitian tentang Pengaruh Implementasi Operant Conditioning Terhadap Kedisiplinan Menaati Tata Tertib Anak Kelompok B Di RA Nurul Alim Semampir, Surabaya diperoleh hasil yang berbeda dari sebelum dan sesudah diberikan treatment. Pada hasil analisis ini menunjukkan nilai yang signifikan yaitu 0,00 dimana hasil tersebut <0,05 maka dari ituHa diterima, dan Ho ditolak. Itu berarti adanya sebuah Pengaruh Implementasi Operant ConditioningTerhadap Kedisiplinan Menaati Tata Tertib Anak Kelompok B RA Nurul Alim, Semampir, Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimatuzzaroh, Sitisfatimatuzzaroh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Metode
Keywords: Operant Conditioning, Kedisiplinan Menaati Tata Tertib
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Fatimatuzzaroh Siti
Date Deposited: 14 Feb 2019 01:56
Last Modified: 14 Feb 2019 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29582

Actions (login required)

View Item View Item