Terapi Seft (Spriritual Emotional Freedom Technique) sebagai upaya “Taqarrub Ilallah” seorang remaja pecandu minuman keras di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Mekar Asri, Margorejo III D/73 Surabaya: studi kasus seorang remaja di PKBM Mekar Asri Margorejo yang mengikuti Kejar Paket B

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanuddin, Ida Hasra (2019) Terapi Seft (Spriritual Emotional Freedom Technique) sebagai upaya “Taqarrub Ilallah” seorang remaja pecandu minuman keras di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Mekar Asri, Margorejo III D/73 Surabaya: studi kasus seorang remaja di PKBM Mekar Asri Margorejo yang mengikuti Kejar Paket B. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ida Hasra Hasanuddin_B53215047.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah, 1)Bagaimana proses terapi SEFT (Spriritual Emotional Freedom Technique) seorang remaja pecandu minuman keras di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Mekar Asri? 2)Bagaimana hasil Terapi SEFT (Spriritual Emotional Freedom Technique) terhadap remaja pecandu minuman keras di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Mekar Asri? Metode penelitian ini adalah, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian stadi kasus dengan analisis deskriptif komparatif, yang mana peneliti membandingkan proses konseling sebelum dan sesudah proses konseling melalui Terapi SEFT (Spriritual Emotional Freedom Technique) seorang remaja pecandu minuman keras di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Mekar Asri surabaya. Peneliti melakukan wawancara, mengamati dan mempelajari secara terperinci, mendalam dan menyeluruh terhadap Terapi SEFT (Spriritual Emotional Freedom Technique) seorang remaja pecandu minuman keras di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Mekar Asri surabaya. Adapun untuk mengetahui hasilnya akhir dari proses Terapi SEFT (Spriritual Emotional Freedom Technique), mengamati dan membandingkan kondisi konseli sekaligus faktor-faktor mengonsumsi minuman keras sebelum dan pasca pelaksanaan konseling. Hasil penelitian menyatakan bahwa proses Terapi SEFT (Spriritual Emotional Freedom Technique) seorang remaja pecandu minuman keras dengan menggunakan 3 tahapan dalam melakukan SEFT, diantaranya the Set-Up, the Tune-In, the Tapping kemudian fokus penanganan dengan 3 tahapan SEFT yaitu, Teknik The Set-UP Langkah ini dilakukan untuk menetralisir “Psychological Reversal” atau “perlawanan psikologis” (biasanya berupa pikiran negatif spontan atau keyankinan bawah sadar negatif). Teknik The Tune-In, Untuk masalah fisik, tune-in dilakukan dengan cara merasakan rasa yang di alami, lalu mengarahkan pikiran klien ke tempat rasa sakit, dibarengi dengan hati dan mulut sambil mengatakan “ Ya Allah saya ikhlas menerima sakit saya ini, saya pasrahkan kesembuhan ini hanya pada Engkau ya Allah.” Teknik The Tapping Tapping adalah mengetuk ringan dengan dua ujung jari pada titik-titik tertentu di tubuh sambil terus tune-in. Titik-titik ini adalah titik-titik kunci dari “the major energi meridians”, yang jika diketuk beberapa kali akan berdampak pada ternetralisirnya gangguan emosi atau rasa sakit yang di rasakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses terapi SEFT dalam upaya mengurangi kebiasaan mengonsumsi minuman keras seorang siswa PKBM Mekar Asri dinyatakan cukup berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanuddin, Ida Hasraidahasrahasanuddin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Anak Jalanan
Remaja
Keywords: Terapi SEFT; Spriritual Emotional Freedom Technique; Remaja; Pecandu Minuman Keras
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hasanuddin Ida Hasra
Date Deposited: 12 Feb 2019 03:07
Last Modified: 12 Feb 2019 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29585

Actions (login required)

View Item View Item