Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode sosiodrama pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Annur Pilang Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Komariyah, Siti (2019) Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode sosiodrama pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Annur Pilang Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Komariyah_D78214039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan anak berbicara pada kegiatan di sentra bermain peran pada anak kelompok A di RA Annur Pilang Wonoayu Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan pra siklus yang telah dilakukan yang menunjukan bahwa masih banyak anak yang Mulai Berkembang (MB) dan Belum Berkembang (BB) yakni 52,38% (Mulai Berkembang) dan 28.80% (Belum Berkembang).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penggunaan metode sosiodrama dalam rangka meningkatkan keterampilan berbicara anak pada anak kelompok A usia 4-5 tahun anak RA Annur Pilang Wonoayu Sidoarjo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada siklus I dan siklus II terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, penilaian non tes, dan dokumentasi. Teknik penelitian analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kualitatif.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penggunaan metode sosiodrama telah berhasil terbukti. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi guru pada siklus I dengan pemerolehan dari nilai awal 60 (Cukup) meningkat menjadi 84(Sangat Baik). Sama halnya dengan kegiatan aktivitas anak juga dari nilai 60 (Cukup) meningkat menjadi 79 (Sangat Baik). Hal ini terjadi karena guru sudah mulai mampu membaca situasi dan mengetahui karakteristik pembelajaran anak sehingga kegiatan pembelajaran mulai dapat dikontrol oleh guru dengan baik pada kegiatan sosiodrama maupun kegiatan sebelumnya. 2) Adanya peningkatan kemampuan berbicara anak ketika dilakukannya kegiatan sosiodrama pada sentra bermain peran terlihat dari hasil ketuntasan anak dalam meningkatkan keterampilan berbicara, terlihat dari ketuntasan tersebut yang menunjukkan banyak anak yang mendapatkan nilai berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata yang menunjukkan pada kegiatan pra siklus sebesar 23.80% (Belum Berkembang), pada tahap siklus I sebesar 23.80% (Mulai Berkembang) dan siklus II memperoleh nilai sebesar 57,14 (Berkembang Sesuai Harapan) dan memenuhi indikator kinerja yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Komariyah, Sitiria.sitikomariyah96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Peningkatan Berbicara, Metode Sosiodrama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Komariyah Siti
Date Deposited: 12 Feb 2019 08:06
Last Modified: 12 Feb 2019 08:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29588

Actions (login required)

View Item View Item