Pesan Dakwah M. Yusran Hadi tentang ukhuwah Islamiyah di media sosial (Analisis wacana Teun A. Van Dijk situs www.hidayatullah.com)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfud, Gita Avif (2019) Pesan Dakwah M. Yusran Hadi tentang ukhuwah Islamiyah di media sosial (Analisis wacana Teun A. Van Dijk situs www.hidayatullah.com). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gita Avif Mahfud_B91214065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di jaman moderen ini sangat pesat. Saat ini penyampaian informasi dan komunikasi bisa dilakukan melalui media online. Begitu pula dakwah yang saat inimudah untuk disampaikanbanyak orang. Akan tetapi adanya kemudahan tersebut juga memilikimkelemahan, yaitun informasi yang banyak dibagikan orang tidak jelas sumbernya. Akibatnya banyak terjadi kesalah pahaman hinngga menimbulkan pertikaian antar umat beragama. Hadirnya situs Hidayatullah.com sangat membantu menengahi dan menyadarkan umat islam dengan masalah yang telah terjadi. www Hidayatullah.com kaya akan informasi, kajian, serta dakwah islam. Terdapat satu opini yang berbeda dan tidak dimiliki oleh situs dakwah online lainnya, yakni situs yang berisikan tentang makana dan urgensi ukhuwah islamiah dalam penulisan Muhammad Yusran Hadi, sebenarnya pertikaian sesama umat beragama terjadi karena kesalah pahaman, dan itu sudah ada sejak jaman Rosulullah SAW. menariknya untuk mengkaji apa pesan dakwah yang terdapat pada situs www. Hidayatullah.com
Penelitian teks media ini dikaji menggunakan analisis wacana Van Dijk yang memiliki struktur tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris dalam menganalisis sebuah teks. Hasil yang didapat dari analisis wacana ini kemudian dideskripsikan dengan interpretasi penulis. Para praktisi dakwah sebaiknya menerapkan dakwah dengan menggunakan media sosial sebagai media dakwahnya. Hal ini seperti di lakukan oleh Muhammad Yusran Hadi dimana ia menggunakan situs Hidayatullah.com yang membuat semua umat islam bisa melihat ceramahnya melalui media sosial yang sangat mudah dijangkau, dengan hanya membuka situs hidayatullah.com. Beberapa berita situs hidayatullah.com merupakan tulisan dari fenomena yang sedang terjadi, konflik sesama umat mulim, berkaitan dengan ayat Al-Qur’an, jadi umat muslim telah dimudahkan denga media sosial melalui dakwah Muhamad Yusran Hadi di situs Hidayatullah.com

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfud, Gita Avifgitaavifmahfud@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Penyiaran Islam
Keywords: Pesan Dakwah; Analisis Wacana; Van Dijk; Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mahfud Gita Avif
Date Deposited: 12 Feb 2019 03:54
Last Modified: 12 Feb 2019 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29607

Actions (login required)

View Item View Item