Komunikasi bidang pertanian taman teknologi pertanian (TTP) dalam menyampaikan inovasi pertanian kemasyarakat petani desa Banyubang kecamatan Solokuro kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Nur Linda (2019) Komunikasi bidang pertanian taman teknologi pertanian (TTP) dalam menyampaikan inovasi pertanian kemasyarakat petani desa Banyubang kecamatan Solokuro kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Linda Fitri_B06215028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah peran media komunikasi Taman Teknologi Pertanian (TTP) dalam menyampaikan inovasi teknologi pertanian dengan masyarakat petani desa Banyubang. Sehingga rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah : Bagaimana peran media komunikasi Taman Teknologi Pertanian (TTP) dalam menyampaikan inovasi teknologi pertanian ke masyarakat desa Banyubang. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut secara komprehensif, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripstif kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai peran media komunikasi dalam menyampaikan inovasi pertanian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan peran media komuniksi Taman Teknologi Pertanian (TTP) sebagai inovator dalam menyampaikan inovasi-inovasi pertanian melalui Dalam penyampaian inovasi pertanian melalui dua proses komunikasi yaitu komunikasi secara langsung (tatap muka) dan komunikasi bermedia. Peran media komunikasi yang ada di Taman Teknologi Pertanian (TTP) yaitu media sosial meliputi instagram, facebook, website, grup whatsap dan media cetak berupa brosur, poster, leaflet, folder. Selain itu untuk hambatan yang dihadapi dalam penyampaian inovasi pertanian psikologis, fisik, semantis, ekologis dan juga hambatan secara mekanis. Berdasarkan penelitian ini, rekomendasi yang dapat dijadikan pertimbangan untuk peneliti selanjutnya adalah motivasi petani untuk terampil dalam pembuatan pakan ternak perlu ditingkatkan dengan cara membangun gudang penyimpanan pakan ternak secara swadaya, sehingga petani merasa memiliki dan akan terdorong untuk mengolah pakan ternak secara mandiri. Persepsi petani terhadap Taman Teknologi Pertanian sebagai lembaga harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Nur Lindalindafitrinur@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Media komunikasi; Inovasi pertanian; Difusi inovasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fitri Nur Linda
Date Deposited: 13 Feb 2019 04:34
Last Modified: 13 Feb 2019 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29614

Actions (login required)

View Item View Item