Pengaruh akun dakwah “Shift” di Instagram terhadap perilaku Religius mahasiswa Ilmu Komunikasi tahun angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadhon, M. Rendy (2019) Pengaruh akun dakwah “Shift” di Instagram terhadap perilaku Religius mahasiswa Ilmu Komunikasi tahun angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Rendy Romadhon_B76215089.pdf

Download (12MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: mencari tahu apakah akun dakwah Shift di Instagram berpengaruh terhadap Perilaku Religius mahasiswa Ilmu Komunikasi tahun angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Skripsi ini dilakukan untuk menganalisa Pengaruh Akun Dakwah “Shift” di Instagram terhadap Perilaku Religius mahasiswa Ilmu Komunikasi tahun angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan melakukan penyebaran kuesioner melalui google formulir dan observasi untuk memperoleh data. Penelitian ini dilatar belakangi oleh majunya teknologi dan arus informasi yang pesat, peneliti menyimpulkan bahwa perilaku dapat terpengaruh oleh banyak unsur salah satunya media sosial. Karna itulah peneliti ingin mencari tahu tentang pengaruh suatu akun dakwah di Instagram bernama “Shift” terhadap perilaku religius mahasiswa Ilmu Komunikasi tahun angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak karena ada pengaruh antara Akun Dakwah Shift di Instagram terhadap Perilaku Religius mahasiswa Ilmu Komunikasi tahun angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Adanya korelasi yang sangat kuat antara Akun Dakwah Shift di Instagram terhadap Perilaku Religius mahasiswa Ilmu Komunikasi tahun angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sebesar 85,5 %. Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat dipertimbangkan bagi beberapa pihak adalah (1) Bagi pemilik suatu akun media sosial seharusnya dapat membagikan pesan-pesan positif khususnya terkait Islam seperti akun-akun dakwah yang ada di media sosial, (2) Bagi mahasiswa diharapkan dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan dapat memfilter pesan-pesan yang didapatkan dari media sosial khususnya pesan islam, jangan sampai terbujuk oleh ajaran yang salah, (3) Bagi masyarakat umum khususnya mahasiswa komunikasi semoga penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan dalam melakukan penelitian-penelitian komunikasi yang lain, sehingga dapat meningkatkan pemahaman arti pentingnya komunikasi baik dari segi teoritis maupun kritis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadhon, M. Rendymrendyromadhon@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Ilmu Komunikasi
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Media sosial; Akun Dakwah Shift; dan Perilaku Religius
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Romadhon Muhammad Rendy
Date Deposited: 11 Feb 2019 06:52
Last Modified: 11 Feb 2019 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29620

Actions (login required)

View Item View Item