Cognitive Behavior Therapy melalui sholat dan membaca Al Qur'an dalam mengatasi kecanduan gawai pada remaja di Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Apsari, Talitha Nabilla (2019) Cognitive Behavior Therapy melalui sholat dan membaca Al Qur'an dalam mengatasi kecanduan gawai pada remaja di Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Talitha Nabilla Apsari_B03215035.pdf

Download (11MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana terapi cognitif behavior melalui sholat dan membaca al-qur‟an dalam mengatasi kecanduan gawai pada remaja? (2) Bagaimana hasil akhir terapi cognitig behavior melalui sholat dan membaca alqur‟an dalam mengatasi kecanduan gawai pada remaja? Untuk membahas permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang mengaplikasikan Cognitive Behavior Therapy, melalui Sholat dan Membaca Al-Qur‟an. Peneliti menggunakan Sholat sebagai teknik self control untuk menggurangi dampak negatif berupa mengakhirkan waktu sholat wajib dan meninggalkan sholat wajib akibat dari kecanduan gawai yang dialami oleh seorang remajadi wilayah Driyorejo, Gresik. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan analisi deskriptif komparatif untuk mengetahui hasil dari tersebut, dan dikatakan cukup berhasil,hal ini terlihat adanya perubahan di setiap minggunya, konseli mampu menyadari bahwa apa yang dilakukannya selama ini tidaklah benar, dan konseli mulai memperbaiki waktu sholatnya secara perlahan meskipun belum terjadi perubahan signifikan. Tetapi, penggunaan gawai dalam kehidupan konseli masih belum berkurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Apsari, Talitha Nabillanabilaapsari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Sholat; Membaca Al Quran Kecanduan Gawai
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Apsari Talitha Nabilla
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:12
Last Modified: 12 Feb 2019 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29622

Actions (login required)

View Item View Item