Pesan kriminal film Marlina si pembunuh dalam empat babak (analisis semiotika model Roland Barthes)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Erfania, Maila (2019) Pesan kriminal film Marlina si pembunuh dalam empat babak (analisis semiotika model Roland Barthes). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maila erfania_B76215051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini yaitu bagaimana makna denotasi, konotasi, petanda dan penanda dari pesan kriminal dalam film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak”. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam maka di dalam penelitian ini digunakan analisis semiotik model Roland Barthes yang mengkaji tentang makna denotasi dan konotasi. Film merupakan salah satu bentuk media massa yang memiliki peranan yang penting dalam kehidupan masyarakat. Semua informasi berupa pesan yang terkandung didalamnya menyebar luas melalui film, pesan tersebut semakin matang ketika pesan menjadi sebuah propaganda atas segala teks ( nilai pesan ) yang ada dalam media itu sendiri. Sekarang ini film menjadi komunikasi publik yang cukup penting. Sebagai bagian dari media massa, film mempunyai peran dan pengaruh yang besar terhadap kehidupan masyarakat. Hal inilah yang membuat seniman film berlomba-lomba membuat pesan yang menarik dalam film. Salah satunya film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak”, film ini mengandung banyak pesan kriminal didalamnya. Metode penelitian menggunakan pendekatan paradigma kritis dengan memadukan analisis semiotik model Roland Barthes yang mana dalam menemukan makna denotatif dan konotatif melalui penanda dan petanda. Berdasarkan hasil penelitian, pada film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak” terdapat beberapa pesan kriminal diantaranya, yaitu: perampokan, pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan, pengancaman, dan KDRT. Makna pesan kriminal dalam film ini menggambarkan kesalahan-kesalahan dalam kehidupan masyarkat saat ini. Faktor-faktor perilaku-perilaku yang menyebabkan terjadinya kriminalitas atau kejahatan yaitu dipengaruhi oleh suatu ketidakseimbangan id, ego dan super-ego.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Erfania, Mailamailaerfania22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Erfania Maila
Date Deposited: 11 Feb 2019 04:11
Last Modified: 11 Feb 2019 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29634

Actions (login required)

View Item View Item