Peran KH. Ahmad Maimun Adnan dalam memimpin Nahdlatul Ulama Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik Tahun 1964-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Muhimatul (2019) Peran KH. Ahmad Maimun Adnan dalam memimpin Nahdlatul Ulama Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik Tahun 1964-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhimatul Aliyah_A92215049.pdf

Download (985kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran KH.Ahmad Maimun Adnan dalam Memimpin NU Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik Tahun 1964-2015”. Fokus pembahasannya adalah : 1) Bagaimana biografi KH. Ahmad Maimun Adnan? 2) Bagaimana selayang pandang Kecamatan Bungah? 3) Bagaimana Peran KH. Ahmad Maimun Adnan dalam Memimpin NU Kecamatan Bungah ? Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah: Heuristik (Pengumpulan Data), Verivikasi (kritik data, ekstren dan intern), Interpretasi (Penafsiran Data), Historiografi (Penulisan Sejarah). Skripsi ini menggunakan pendekatan sosiologi, yaitu ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial. Teori yang digunakan teori peran oleh Bruce Biddle dan Thomas, Peran sebagai suatu fungsi yang dibawakan oleh seseorang ketika menduduki suatu karakterisasi (posisi) dalam struktur sosial. Kesimpulan skripsi ini adalah : 1) KH. Ahmad Maimun Adnan lahir di Bojonegoro pada tanggal 22 Juli 1933, beliau merupakan pendiri Pondok Pesantren Al-Ishlah Bungah. 2) KH. Ahmad Maimun Adnan pindah Kecamatan Bungah Gresik pada tahun 1962 setelah menikah dengan Nyai Sitti Hawa.Pada tahun 1964 beliau mulai bergabung di NU Kecamatan Bungah, beliau juga mulai berdakwah dan mengabdikan dirinya di Kecamatan tersebut yang kondisi sosialnya sangat tertekan pasca G30SPKI 1965.Tahun 1996 beliau menjadi ketua MWCNU Kecamatan Bungah. 3) Dalam kepemimpinannya beliau berhasil mewujudkan : bidang dakwah KBIH, bidang sosial Rumah Sakit Islam Mabarrot, dan bidang pendidikan dengan program pembinaan bagi setiap guru di Kecamatan Bungah yang mengajar di sekolah dalam naungan NU.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, MuhimatulHimaaliyah80@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Keywords: KH. Ahmad Maimun Adnan; NU Kecamatan Bungah; Peran Ulama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Aliyah Muhimatul
Date Deposited: 12 Feb 2019 03:16
Last Modified: 12 Feb 2019 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29646

Actions (login required)

View Item View Item