Model pembelajaran taman penitipan anak ;studi perbandingan di TPA Khadijah Pandegiling Surabaya dan Toddler Surabaya Montessori School

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solicha, Isnainia (2019) Model pembelajaran taman penitipan anak ;studi perbandingan di TPA Khadijah Pandegiling Surabaya dan Toddler Surabaya Montessori School. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isnainia Solicha_D78214025 .pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran beserta evaluasi pembelajaran di TPA Khadijah Pandegiling Surabaya dan Toddler Surabaya Montessori School. Penelitian ini merupakan penelitian studi perbandingan atau comparative study lebih tepatnya menggunakan metode penelitian eksplorasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, serta peserta didik TPA Khadijah Pandegiling Surabaya dan Toddler Surabaya Montessori School. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis data kualitatif berupa model Miles dan Huberman. Data yang diperoleh diuji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi dengan memfokuskan pada triangulasi sumber, teknik pengumpulan data, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran di TPA Khadijah Pandegiling menggunakan model pembelajaran BCCT (Beyond Centre and Circle Time) dan Toddler Surabaya Montessori School menggunakan model pembelajaran Montessori. Langkah-langkah model pembelajaran BCCT adalah pijakan-pijakan, sedangkan model pembelajaran Montessori adalah lesson. Klasifikasi model pembelajaran BCCT adalah kemampuan sosial (social family), sedangkan model pembelajaran Montessori adalah individual learning. Model pembelajaran BCCT membuka sentra-sentra setiap harinya, sedangkan model pembelajaran Montessori menggunakan tematik yang diganti setiap minggunya. Evaluasi pembelajaran di TPA Khadijah Pandegiling Surabaya dan Toddler Surabaya Montessori sama-sama menggunakan narasi deskriptif, namun Toddler Surabaya Montessori School menambahkan check list dalam menilai setiap
indikator perkembangan peserta didik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solicha, Isnainiaisnainias.is@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Model pembelajaran; Evaluasi pembelajaran; BCCT; Montessori
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Solicha Isnainia
Date Deposited: 13 Feb 2019 07:45
Last Modified: 13 Feb 2019 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29667

Actions (login required)

View Item View Item