Analisis semiotik terhadap pesan akhlak dalam sinetron Pangeran di SCTV episode 1, 3 dan 4

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggrainy, Silvia (2019) Analisis semiotik terhadap pesan akhlak dalam sinetron Pangeran di SCTV episode 1, 3 dan 4. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Anggrainy_B91215074.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian berawal dari ketertarikan penulis terhadap dunia sinetron yang ditayangkan melalui media televisi terutama sinetron Pangeran di SCTV. Sinetron yang menggabungan cerita kolosal dan modern ini dibumbui dengan humor dan kekuatan magis. Ditambah lagi dengan kentalnya nilai akhlak yang ditunjukkan melalui adegan dan dialog para pemain. Hal ini menjadi menarik karena kebutuhan akan ajaran moralitas melalui tayangan televisi sangat diperlukan, mengingat atensi menonton televisi sangatlah tinggi. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana pesan akhlak yang terkandung dalam sinetron Pangeran di SCTV Episode 1, 3 dan 4?. Dalam menjawab rumusan masalah diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis non kancah atau study literature. Menggunakan metode analisis semiotik Roland Barthes. Analisis ini dipilih sebagai alat untuk mengupas dan meneliti gambar dan dialog dalam sinetron yang menjadi objek penelitian, dengan bentuk pembacaan makna denotatif, konotatif dan mitos sebagai lingkup pembahasan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini: Pertama, akhlak kepada Tuhan yang meliputi: 1) Syukur, 2) Berdzikir, 3) Membaca Al-Qur’an, 4) Istighfar (Taubat). Kedua, akhlak kepada sesama manusia yang meliputi: 1) Meminta maaf, 2) Saling membantu, 3) Mengucapkan salam saat bertemu, 4) Menghormati orang yang lebih tua, 5) Saling mengingatkan dalam hal kebaikan, 6) Menjaga pandangan dan, 7) Menjaga amanat. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya, agar mampu mengembangkan penelitian ini dari sisi lain, misal pengaruh sinetron Pangeran terhadap minat remaja belajar di Pondok Pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggrainy, Silvias.anggraini149@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Dakwah
Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Analisis Semiotik; Pesan; Akhlak; Sinetron
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Anggrainy Silvia
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:17
Last Modified: 11 Feb 2019 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29669

Actions (login required)

View Item View Item