Makna pesan moral video klip lagu Wasiat Sunan Drajat versi Asy-Syafi'iyah group (analisis semiotik model Roland Barthes)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarromah, Mar'atul (2019) Makna pesan moral video klip lagu Wasiat Sunan Drajat versi Asy-Syafi'iyah group (analisis semiotik model Roland Barthes). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar'atul Mukarromah_B96214129.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana makna pesan moral yang terdapat dalam video klip lagu wasiat Sunan Drajat versi Asy-Syafi’iyah group berdasarkan Analisis Semiotik Model Roland Barthes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa makna pesan moral yang terdapat video klip lagu Wasiat Sunan Drajat merupakan pesan moral dalam beragam dan bermasyarakat. Tanda tersebut ditunjukkan pada lirik empat wasiat Sunan Drajat kemudian pemilihan model dan warna busana yang digunakan vokalis. Pesan moral dalam video klip tersebut patut menjadi perilaku manusia sebagai makhluk sosial yang hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Jika semasa hidup digunakan untuk melakukan kebaikan maka ketika meninggalkan dunia kebaikan pula yang ia tinggalkan. Sebagai manusia sudah seharusnya memanusiakan manusia lainnya. Sehingga dengan mengamalkan empat wasiat yang ditinggalkan Sunan Drajat tersebut maka akan terwujud ketuhanan, kemanusiaa, keadilan sosial, serta kesejahteraan bagi masyarakat yang disebut dengan hidup ideal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarromah, Mar'atulrarapuss1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Media Massa
Keywords: Pesan Moral Wasiat Sunan Drajat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mukarromah Mar'atul
Date Deposited: 13 Feb 2019 04:10
Last Modified: 13 Feb 2019 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29671

Actions (login required)

View Item View Item