al Lamadhhabiyyah dalam tafsir; studi ayat akidah dalam tafsir al Manar karya M.Rashid Rida

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asyhari, Asyhari (2019) al Lamadhhabiyyah dalam tafsir; studi ayat akidah dalam tafsir al Manar karya M.Rashid Rida. PhD thesis, UINSA Surabaya.

[img] Text
Asyhari_F53215031.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil penelitian ini ada tiga: pertama, Muhammad Abduh dan Rashid Rida berpandangan bahwa al-lamadhhabiyyah adalah keniscayaan dalam modernisasi tafsir dan agama. Kedua, penerapan orientasi penafsiran al-lamadhhabiyyah pada ayat akidah dalam Tafsir al-Manar secara umum telah diterapkan oleh Muh}ammad Abduh dan Rashid Rida, meskipun tidak sepenuhnya. Karena khususnya Rashid Rida dalam tema-tema tertentu masih terlihat panatisme terhadap madhhab. Ia cenderung fanatik terhadap madhhab ‘salafiyyah’ yang dipelopori oleh Ibnu Taimiyyah dan muridnya ibnu al-Qayyim al-Jawziyah dan dihidupkan kembali oleh Muhammad bin Abd al-Wahhab. Ketiga, penerapan orientasi penafsiran al-lamadhhabiyyah pada penafsiran ayat akidah dalam tafsir al-Manar berimplikasi pada lahirnya tanaqudat al-tafsir (kontradiktif dan inkonsistensi penafsiran) dan al-shudhudh fi al-tafsir (tafsir yang berbeda dengan tafsir mayoritas mufassir).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asyhari, Asyhariasyari.alhabasyi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: al Lamadhhabiyyah; Modernisasi Tafsir; al Manar.
Divisions: Program Doktor > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Asyhari Asyhari
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:06
Last Modified: 20 Mar 2019 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29677

Actions (login required)

View Item View Item