Strategi komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bangkalan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pelaksanaan pilkada serentak 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaenab, Siti (2019) Strategi komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bangkalan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pelaksanaan pilkada serentak 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Zaenab_B76214051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persoalan pokok yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: bagaimana strategi komunikasi KPUD Kabbupaten Bangkalan dalam meningkatkan tingkat partisipasi, Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode deskriptif yang berguna untuk memerikan fakta dan data mengenai strategi kpud dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan model strategi komunikasi John Middleton. Dari basil penelitian ini ditemukan bahwa Analisis dan segmentasi khalayak juga harus dilaksanakan dengan menentukan siapa target sasaran program yang sedang dijalankan. Analisis ini sangat penting karena bentuk perencanaan akan sangat bergantung pada tipe publik yang dihadapi. Pemrogram komunikasi setidaknya harus memilah publik menjadi tiga kelompok. Pertama, Latent Public yaitu kelompok yang menghadapi masalah dan tetapi tidak mempunyai perhatian lebih. Kedua, adalah aware public, yaitu kelompok yang bertanggung jawab terhadap masalah. Sedangkan yang terakhir adalah active public yaitu kelompok yang melakukan tindakan terhadap masalah, seperti memetakan tipologi pemilih melalui kecenderungan khalayak. Pemilihan media sangat penting dilakukan dengan memperhatikan tiap tahap sosialisasi yang dilakukan oleh KPUD. Proses itupun mengalami hambatan yang paling berat yakni kesadaran politik masyrakat yang masih terbilang minim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaenab, Sitiszaenab159@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Politik
Keywords: Pemilih; Tindakan Strategis; partisipasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Zaenab Siti
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:33
Last Modified: 12 Feb 2019 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29709

Actions (login required)

View Item View Item