Relasi guru dengan murid perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al ‘Alim wa al Muta’allim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Dewi Hamalatin (2019) Relasi guru dengan murid perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al ‘Alim wa al Muta’allim. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Hamalatin Ni'mah_F12316224.pdf

Download (3MB)

Abstract

Relasi guru dengan murid adalah hubungan edukatif yang terjadi antara pihak guru dan murid dengan sejumlah norma sebagai medianya untuk mencapai tujuan belajar. KH. Hasyim Asy’ari memberikan sorotan yang tajam pada guru dan murid. Sebab, pendidikan memang berpusat pada hubungan antara guru dan murid. Sebagaimana diketahui KH. Hasyim Asy’ari, merupakan tokoh yang memiliki peran dan pengaruh yang besar di Indonesia sekaligus merupakan tokoh pendidikan Islam yang memiliki banyak karya tulis diantaranya kitab Adab al-Alim wa al-Muta’alim. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang relasi guru dengan murid perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-Alim wa al-Muta’alim. Dengan sub fokus mencakup; substansi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang guru, substansi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang murid, relasi guru dengan murid perspektif KH. Hasyim Asy’ari dan signifikansinya terhadap pendidikan saat ini. Peneilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan sumber-sumber kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan metode induktif, deduktif dan deskriptif. Mengklasifikasi dan kemudian melakukan generalisasi gagasan yang spesifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KH. Hasyim Asy’ari menekanan pada perbaikan moral spiritual melalui suri tauladan dari guru dengan menanamkan pada anak didik nilai-nilai moral dengan menekankan sikap hormat dan menjauhkan diri dari hawa nafsu serta menyadarkan bahwa pendidik dan peserta didik harus selalu bertaut pada Allah SWT dalam setiap aktifitas belajar mengajar. Dimana prinsip-prinsip itu penting untuk diterapkan dalam pendidikan saat ini ditengah kemajuan teknologi dan informasi saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Dewi Hamalatindewihamalatinn@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Relasi; Guru; Murid; KH. Hasyim Asy’ari; Adab al Alim wa al Muta’alim
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ni'mah Dewi Hamalatin
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:21
Last Modified: 15 Apr 2019 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29711

Actions (login required)

View Item View Item