تطوير كتاب ألفية ابن مالك بكراسة التدريبات لتعليم اللغة العربية على أساس القرآن الكريم والحديث لترقية مهارة القراءة والكلام: البحث والتطوير على طالبات الفصل السادس بمدرسة مفتاح العلوم تراتي فانديان سومنف مادورى

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shulha, Aviya Shafiyana (2019) تطوير كتاب ألفية ابن مالك بكراسة التدريبات لتعليم اللغة العربية على أساس القرآن الكريم والحديث لترقية مهارة القراءة والكلام: البحث والتطوير على طالبات الفصل السادس بمدرسة مفتاح العلوم تراتي فانديان سومنف مادورى. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aviya Shafiyana Shulha_ F12616303.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan lembaga non formal madrasah diniyah Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep terhadap buku LKS Bahasa Arab materi Kitab Alfiyah Ibnu Malik, yang mana kitab Alfiyah Ibnu Malik ini minim contoh dan latihan-latihan, dengan adanya LKS ini siswi diharapkan mampu memahami kaidah-kaidah Bahasa Arab baik dari segi teori maupun praktek ketika membaca teks-teks Bahasa Arab dan berbicara khususnya pada kitab-kitab klasik atau kitab kuning. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKS dan menguji kelayakan produk tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan (research and development), yaitu menggunakan metode Sugiyono. Maka prosedur pengembangan bahan ajar dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: analisis atau masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Hasil penelitian berupa buku ajar yang berjudul “al-Kurrasat al-Tadribat Li Ta’limi al-Lughoh al-Arabiyah min Kitabi AlFiyah Ibnu Malik”. LKS ini disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan kurikulum. Setelah dilakukan uji validasi bahan ajar oleh ahli desain, didapati rerata total untuk aspek keseluruhan atau tampilan adalah 70 dengan kategori “baik” . Dari aspek pemilihan kitab dihasilkan rerata total adalah 7,5 dengan kategori “baik”. Dari aspek ketrampilan membaca dan berbicara dihasilkan rerata total adalah 79,1. Dan dari aspek latihan dihasikan rerata total adalah 68,7. Dengan demikian LKS dapat digunakan dalam proses pembelajaran akan tetapi membutuhkan sedikit revisi yang sederhana. Adapun efektifitas penggunaan LKS ini setelah dikembangkan dari kitab Alfiyah Ibnu Malik dan diterapkan pada siswi kelas 6 madrasah diniyyah Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep mendapatkan hasil “baik”, peneliti mengunakan uji pretest dan posttest dengan mengunakan rumus t yang menunjukka nilai t hitung 14,63 lebih besar daripada t tabel 12,0. Dengan demikian LKS ini layak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab materi kitab Alfiyah Ibnu Malik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shulha, Aviya Shafiyanaaviyashulha@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Pengembangan kitab Alfiyah Ibnu Malik; LKS Bahasa Arab; Berbasis al Qur’an dan Hadis; Maharoh Qiro’ah dan Kalam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Shulha Aviya Shafiyana
Date Deposited: 13 Feb 2019 04:46
Last Modified: 13 Feb 2019 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29719

Actions (login required)

View Item View Item