Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran kitab mukhtasar ihya ulumiddin di tingkat aliyah dalam pembentukan karakter santri pondok pesantren Salafiyah Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asfiani, Mokhammad (2019) Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran kitab mukhtasar ihya ulumiddin di tingkat aliyah dalam pembentukan karakter santri pondok pesantren Salafiyah Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mokhammad Asfiani_D91214112.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan saat ini lebih berorientasi mengenai belajar teorinya saja, sehingga banyak yang mengetahui nilai-nilai dari ajaran agama, tetapi perilakunya tidak sesuai dengan ajaran yang diketahui dan dipelajarinya. Pesantren merupakan alternatif yang perluh dikaji dan dijadikan contoh menerapkan pendidikan nilai dalam pembentukan karakter para peserta didik, karena pendidikan didalam pesantren dikenal sebagai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang meliputi : (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran kitab Mukhtasar ihya ulumiddin di tingkat aliyah (2) Bagaimana karakter santri di pondok pesantren Salafiyah pasuruan. (3) bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran kitab mukhtasar ihya ulumiddin di tingkat Aliyah dalam pembentukan karakter santri pondok pesantren salafiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Maksudnya adalah dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo dan dokumen resmi lainnya. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran Kitab Mukhtasar Ihya Ulumiddin sarat akan nilai-nilai karakter dan dapat membentuk karakter pada santri, hal ini dilihat dari sikap dan tingkah laku santri sehari-hari didalam pesantren. Dan yang diharapkan santri dapat menjadi suri tauladan dan bermanfaat nanti setelah keluar dari pondok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asfiani, Mokhammadashfi.ok@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asfiani Mokhammad
Date Deposited: 18 Feb 2019 08:03
Last Modified: 18 Feb 2019 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29723

Actions (login required)

View Item View Item