Pengaruh kepemimpinan visioner kepala Sekolah terhadap profesionalisme guru di SMP Darul Muta'alimin Tawangsari Taman-Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adityawan, Mohamad Rizal (2019) Pengaruh kepemimpinan visioner kepala Sekolah terhadap profesionalisme guru di SMP Darul Muta'alimin Tawangsari Taman-Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Rizal Adityawan_D73214047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam upaya mencapai tujuan sekolah yang bermutu, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang mempengaruhi tujuan tersebut diantaranya adalah kepemimpinan visioner kepala sekolah dan profesionalisme guru di sekolah. Sebagai seorang yang visioner kepala sekolah harus mampu merumuskan, menciptakan, mengkomunikasikan serta mengimplementasikan visinya. Profesionalisme guru juga hal yang sangat penting setelah kepemimpinan kepala sekolah, karna guru merupakan tombak ujung dalam mengambarkan kualitas mutu pendidikan di sebuah lembaga pendidikan atau sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap profesionalitas guru di SMP Darul Muta’alimin Taman-Sidoarjo. Pendekatan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan seluruh guru diSMP Darul Muta’alimin Taman-Sidoarjo dengan jumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji asumsi yang dilakukan adalah uji normalitas dan linieritas. Uji Hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana
Dari pengujian data diketahui bahwa Pengaruh kepemimpinan Visioner kepala sekolah terhadap Profesionalisme guru, dapat diambil kesimpulan terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap Profesionalisme guru SMP Darul Muta’alimin Sidoarjo. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai sig 0,002 < 0.05. Selain itu dapat juga melihat nilai t, yaitu nilai t hitung sebesar 3,130 lebih besar jika dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 1,655. Adapun besarnya pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Darul Muta’alimin Sidoarjo adalah sebesar 6,4%. Sedangkan sisanya yaitu 93,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adityawan, Mohamad Rizaladitrizal77@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan Visioner; Profesionalisme guru.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Adityawan Mohamad Rizal
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:19
Last Modified: 12 Feb 2019 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29748

Actions (login required)

View Item View Item