"الكلام الإنشائي الطلبي في سورة آل عمران": دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdul Basith, Muhammad (2019) "الكلام الإنشائي الطلبي في سورة آل عمران": دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Abdul Basith_A91214116.pdf

Download (3MB)

Abstract

Al-qur’an adalah firman Allah swt, yang di wahyukan kepada nabi Muhammad Saw. Dengan perantara malaikat Jibril, dan di jadikan pedoman serta petunjuk bagi umat islam. Al-Qur’an termasuk mukjizat Nabi Muhammad Saw. Salah satu kemu’jizatan Al-Qur’an yaitu dari sisi sastranya, sehingga sebagai mahasiswa jurusan Bahasa dan sastra Arab maka mempelajari suatu sastra yang terkandung dalam Al-Qur’an menjadi hal yang terpenting. Untuk mengetahui dan mengungkap sisi-sisi sastra dan nilai estetika dalam Al-Qur’an, maka ilmu Balaghah menjadi ilmu alat yang tidak bisa ditinggalkan. Dan dari ketiga cabang ilmu yang dimiliki oleh ilmu balaghah, pada skripsi ini hanya akan membahas tentang salah satu dari ketiga cabang tersebut yaitu ilmu ma’ani, khususnya dalam kajian kalam insya’I thalabi. Obyek yang akan di kaji dalam penelitian ini berfokus pada surat Ali-Imran yang bertujuan untuk menemukan macam-macam kalam insya’I thalabi beserta maknanya adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua ayat dalam surat Ali-Imran dari ayat 1-200. Sedangkan untuk metode penelitian, dalam skripsi ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dan berdasarkan dari analisis tersebut, kalam insya’I thalabi yang terdapat dalam surah Ali-Imran terdiri dari 40 bentuk yang berbeda, di antaranya: Amar (perintah), yang terdiri dari 10 jumlah, 6 makna haqiqi dan 4 makna ghairu haqiqi, yaitu makna al- Do’a. Nahi (Larangan), terdiri dari 10 jumlah, 9 makna haqiqi dan 1 makna ghairu haqiqi, yaitu makna al-Do’a. Istifham (Pertanyaan), terdiri dari 9 jumlah, 4 makna haqiqi dan 5 makna ghairu haqiqi, yaitu 1 makna al-Taqrir, 2 makna al-Tahqir, 2 makna al-Ta’dzim. Nida’ (Seruan), terdiri dari 10 jumlah, 8 makna haqiqi dan 2 makna ghairu haqiqi, yaitu makna al-Zajru. Tamanni (Harapan), terdiri dari 1 kalam mempunyai makna ghairu haqiqi yaitu al-Tarajji.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdul Basith, Muhammadbasitmuhammad596@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an > Asbabun Nuzul
Cerita dalam Al Qur'an
Iman Kepada Allah
Keywords: Surat Ali Imran; Kalam Insya'i Tholabi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Basith Muhammad Abdul
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:16
Last Modified: 13 Feb 2019 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29750

Actions (login required)

View Item View Item