تدخل اللغة الأم عند محادثة الطلاب في معهد تعليم اللغة العربية الدورى الفارسي باري كاديري جاوا الشرقية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayati, Nur (2019) تدخل اللغة الأم عند محادثة الطلاب في معهد تعليم اللغة العربية الدورى الفارسي باري كاديري جاوا الشرقية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hayati_A71215085.pdf

Download (2MB)

Abstract

(Interferensi Bahasa Ibu Dalam Percakapan Bahasa Arab Santri Pondok Kursus Al – Farisi Pare Kediri Jawa Timur)Tujuan penelitian ini adalah untuk mandeskripsikan bentuk-bentuk Interferensi Bahasa Ibu Dalam Percakapan Bahasa Arab Santri Pondok Kursus Al – Farisi Pare Kediri Jawa Timur. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendiskripsikan faktor-faktor interferensi Bahasa Ibu Dalam Percakapan Bahasa Arab Santri Pondok Kursus Al – Farisi Pare Kediri Jawa timur.Penelitian ini adalah bersifat deskriptif dan analisis dengan bentuk kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode simak, teknik dasarnya adalah “Teknik Sadap”. Teknik lanjutan I adalah teknik simak bebas libat cakap atau “SBLC”. Teknik lanjutan II adalah teknik catat. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahasa lisan yang mengalami interferensi. Subjek dalam penelitian ini adalah Santri Pondok Kursus Al – Farisi Pare Kediri Jawa Timur Marhalah 149 - 150 (bulan Desember 2018 - Januari 2019) Setelah melakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa data Interferensi Bahasa Ibu yang diperoleh dalam bentuk Fonologi sebanyak 94 data kesalahan pengucapan, Morfologis sebanyak 14 data kesalahan pemilihan kata, Sintaktis terjadi sebanyak 12 data kesalahan struktur kalimat dan Semantik sebanyak 25 data kesalahan makna. Berdasarkan analisis tersebut Interferensi Bahasa Ibu disimpulkan bahwa penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan santri dipicu oleh faktor latar belakang lingkungan yang diperoleh sebanyak 70 data, kurangnya mengetahuan kaidah bahasa sebanyak 15 data dan perbedaan bahasa sumber dengan bahasa lain sebanyak 42 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayati, Nurnurnaya_hayati@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Adab
Bahasa Arab
Kesusastraan
Keywords: Interferensi Bahasa Ibu, Fonologi, Morfologi, Sintaksis dan Semanti
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hayati Nur
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:15
Last Modified: 12 Feb 2019 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29753

Actions (login required)

View Item View Item