Peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi mengenal hari yang dijanjikan melalui model cooperative learning tipe talking stick pada kelas V di MI Al Fahmi Tambak Wedi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Muhamad Nurul (2019) Peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi mengenal hari yang dijanjikan melalui model cooperative learning tipe talking stick pada kelas V di MI Al Fahmi Tambak Wedi Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nurul Arifin_D07215028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan memahami peserta didik pada materi shalat bagi orang sakit. Berdasararkan data dari guru mata pelajaran fiqih, prosentase ketuntasan hasil belajar peserta didik hanya mencapai 32,4% (sangat kurang). Setelah dilakukan wawancara, diketahui bahwa guru menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan pemahaman peserta didik masih kurang pada pembelajaran fiqih shalat bagi orang sakit. Oleh karena itu peneliti melakukan sebuah penelitian yang berjudul “Peningkatan pemahaman mata pelajaran fiqih materi shalat bagi orang sakit melalui strategi Inside Outside Circle pada siswa kelas III MI Nurul Hidayah Kenjeran Surabaya”. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan strategi Inside Outside Circle dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi sholat bagi orang sakit kelas III MI Nurul Hidayah Kenjeran Surabaya. 2) untuk mendekripsikan peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi sholat bagi orang sakit kelas III MI Nurul Hidayah Kenjeran Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 37 peserta didik dan tempat penelitian di MI Nurul Hidayah Kenjeran Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: Planning, Acting, Observing, Reflecting. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapkan strategi Inside Outside Circle untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih materi shalat bagi orang sakit sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan skor perolehan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas guru mendapatkan skor 70,3 (cukup), pada siklus II mendapatkan skor 82,8 (baik). Begitu juga hasil nilai aktivitas peserta didik pada siklus I mendapatkan skor 77,7 (baik), mengalami peningkatan menjadi 86 (sangat baik) pada siklus II. 2) Peningkatan pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih materi shalat bagi orang sakit melalui penerapan strategi Inside Outside Circle yakni dengan melihat tingkat prosentase ketuntasan belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Pada siklus I Prosentase ketuntasan peserta didik sebesar 64,8% (cukup) dengan nilai rata-rata 73,7 (baik). Pada siklus II mengalami peningkatan dengan prosentase ketuntasan peserta didik 86,4% (sangat baik) dengan nilai rata-rata kelas 80 (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Muhamad Nurulmuhammadnurularifin2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Peningkatan pemahaman; Mengenal hari yang dijanjikan; Model cooperatif learning tipe talking stick
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arifin Muhammad Nurul
Date Deposited: 13 Feb 2019 01:38
Last Modified: 13 Feb 2019 01:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29754

Actions (login required)

View Item View Item